Kegiatan Fogging Untuk Seluruh Desa

800 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menuturkan sudah menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan dan seluruh Kepala Puskesmas untuk melakukan fogging missal di seluruh desa yang mengalami banjir.

Perintah ini disampaikan Herliyan mengingat saat maupun usai banjir biasanya  akan banyak penyakit yang mewabah, terutama malaria dan Demam Berdarah Dengue (DBD). Selain itu, karena Herliyan juga tidak ingin ada warganya yang menjadi korban karena terserang malaria atau DBD akibat banjir

“Sejak beberapa hari lalu instruksi itu sudah saya sampaikan. Bukan hanya kepada Kepala Dinas kesehatan, tetapi juga seluruh Kepala Puskesmas. Khususnya di kecamatan-kecamatan yang wilayahnya ada yang terkena banjir. Baik selama banjir berlangsung maupun pasca banjir”, tegas Herliyan.

Di bagian lain, bupati juga mengatakan sudah menginstruksikan seluruh camat dan kepala desa/kelurahan untuk proaktif menyampaikan informasi jika di wilayahnya ada masyarakat yang terserang malaria atau DBD. Sehingga dapat dipriotaskan untuk dilakukan fogging.

Menurut informasi yang diterimanya, Herliyan mengakui, saat ini memang sudah ada warga yang terserang penyakit DBD. Diantaranya di Desa Jangkang, Kecamatan Bantan.

“Untuk itu saya sudah tugaskan Camat Bantan untuk melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan maupun kepala Puskesmas Selatbaru agar segera dilakukan fogging, agar warga yang terserang DBD di Jangkang tidak bertambah”, jelas Herliyan.

Di bagian lain, Herliyan mengatakan juga telah memerintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait seperti Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Rumah Sakit Umum Daerah Bengkalis, Kepala Puskesmas, Camat, Kepala Desa/Lurah untuk berada di tempat. Tidak ikut-ikutan libur.

“Semuanya harus standby. Tidak meninggalkan tempat meskipun sampai Minggu merupakan hari libur”, ujar Herliyan sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri, Jum’at (26/12/2014).

Posting Terkait