Kedatangan Mensos Ke Bengkalis Diundur

741 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Bupati Bengkalis, H Syamsurizal, membenarkan jika kunjungan kerja Menteri Sosial (Mensos) H Bachtiar Chamsyah ke Kabupaten Bengkalis diundur dari yang direncanakan semula, Kamis (19/4) besok. 

Didampingi Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria, Asisten II H Zakaria Yusuf, Kadis Kesejahteraan Sosial TS Hamzah, dan camat Bengkalis H Ismail, kepastian pengunduran jadwal kedatangan Mensos itu, disampaikan Syamsurizal kepada wartawan hari ini, Rabu (18/4). Hal itu dikemukakannya di sela-sela peninjauan lokasi tempat yang nantinya akan dikunjungi orang nomor satu di Departemen Sosial tersebut, yaitu di Desa Penebal Kecamatan Bengkalis.

“Benar. Selasa (17/4) malam, saya mendapat memperoleh informasi dari staf Mensos, karena ada urusan yang sangat penting, kedatangan Mensos ke Bengkalis diundur dari jadwal semula menjadi pada hari Senin (23/4) yang akan datang,” terang Syamsurizal yang dalam peninjauan ke Penebal itu juga didampingi Kadis Kimpraswil H Wan Mukhtar, serta Kepala Badan Linmas, Infokom dan Kesbang H Mukhlis dan Kades Penebal Misdar.

Sebagaimana disampaikan langsung oleh Mensos kepadanya, Syamsurizal menambahkan, agenda utama kunjungan kerja orang nomor satu di Departemen Sosial itu, adalah menyerahkan bantuan kepada komunitas adat tertinggal (KAT) atau masyarakat terasing. “Apa bentuknya, hingga saat ini kita belum mengetahuinya,” imbuhnya.

Meskipun demikian, menurut keterangan yang berhasil dihimpun, dalam kunjungan kerja ke kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, Mensos akan menyerahkan bantuan sebesar satu milyar rupiah. Bantuan dimaksud, khabarnya diperuntukkan bagi pembangunan rumah layak huni bagi KAT.

“Soal bantuan itu, saya benar-benar belum mendapatkan kejelasan apa bentuknya. Ketika bertemu Mensos di Jakarta beberapa waktu lalu, beliau hanya mengatakan ingin ke Bengkalis untuk memberikan bantuan bagi KAT di daerah ini,” tegas Syamsurizal.

Sebagaimana disampaikan TS Hamzah belum lama ini, sedianya Kamis (19/4) ini Menteri Sosial (Mensos) RI Bachtiar Chamsyah bakal berkunjung ke Kabupaten Bengkalis. “Kedatangan orang nomor satu di Departemen Sosial itu berkenaan dengan program pemberdayaan KAT, khususnya Suku Akit yang terdapat di kawasan pesisir Provinsi Riau,” tambah Hamzah yang sebelumnya menjabat mantan Kepala Bagian Tata Usaha Dinas Pendapatan Daerah Bengkalis.

Masih menurut Hamzah, kunjungan Mensos ke Desa Penebal itu, untuk meninjau kondisi empirik sosial, ekonomi dan budaya komunitas tersebut. “Dalam kunjungan itu, selain akan menyerahkan sejumlah bantuan, juga akan melakukan dialog secara langsung dengan komunitas dimaksud yang ada di Kabupaten Bengkalis,” jelas Hamzah seraya mengaku juga belum mengetahui apa wujud bantuan yang nantinya akan diberikan Mensos.

 

Posting Terkait