Keberadaan Bus Trans Metro Kurangi Kemacetan Lalulintas

533 views
Keberadaan Bus Trans Metro Kurangi Kemacetan Lalulintas

Keberadaan Bus Trans Metro Kurangi Kemacetan Lalulintas

PEKANBARU (RiauInfo) – Bus Trans Metro telah beroperasi di kota Pekanbaru sejak bulan juni 2009. Semakin hari peminat masyarakat yang menggunakan angkutan umum ini terus meningkat. Berawal dari bulan Juni sampai bulan nevember saja sudah tercatat sebanyak 807.900 penumpang atau sekitar 3.000 penumpang per harinya.

Kebanyakan masyarakat menggunakan angkutan umum ini melakukan aktivitas sehari-harinya seperti ke kampus, ke sekolah dan berangkat kerja.

Sebelum adanya angkutan umum Trans Metro kota pekanbaru sering terjadi macet, hal ini karena banyaknya angkutan umum seperti oplet dan bus kota yang beroperasi mencari penumpang. Selain untuk mengurangi kemacetan, bus ini juga diharapkan dapat mengantipasi ledakan kota pekanbaru yang semakin pesat.

Keberadaan angkutan umum Trans Metro ini terbukti telah mengurangi kemacetan jalan dan telah mengurangi polusi udara akibat asap dikota pekanbaru.

Dengan beroperasinya bus Trans Metro telah berkurang angkutan umum oplet yang kadang-kadang bikin penumpang risih dengan sopir yang suka ngebut saat membawa penumpang. Banyak masyarakat merasa lebih aman dengan menaiki angutan umum bus tras metro.

Dengan beroperasi bus Trans Metro banyak sopir angkutan umunya mengeluh, karena menururunya pendapatan mereka perhari dan perbulannya

Sampai hari ini memang bus Trans Metro ini baru melayani dua rute saja. Tetapi sebelum pelaksaan PON ke-XVIII pada 2012 nanti, kepala dinas perhubungan kota pekanbaru akan menambahkan lagi rute bus trans metro.

Hal ini dilakukan oleh kepala dinas perhubungan karena bus Trans Metro ini akan dijadikan sebagai kendraan angkutan resmi pada pekan olahraga nasional (PON) XVIII 2012 diPekanbaru.(zuriyati riya)

Posting Terkait