Kebakaran Hutan Lahan Riau Kandas

526 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Peluang hujan masih meluas di wilayah Provinsi Riau, Minggu (6/12/2009) ini. Sementara ini, dampak positif meningkatnya curah hujan adalah padamnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sehingga data satelit NOAA tidak merekam satu titik api pun di Riau hari ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, umumnya wilayah Riau mempunyai peluang hujan dengan intensitas berfariatif dari ringan, sedang hingga hujan lebat secara merata. Hujan diperkirakan luas terjadi pada rentang waktu sore, malam hingga esok pagi.

Cuaca cerah berawan serta temperatur mereda mewarnai Riau pada siang tadi. BMKG mencatat temperatur maksimum mencapai 28,6 Derjat Celsius di Riau. Sementara, durasi hujan diperkirakan turun dengan jangka waktu yang relatif lama dengan intensitas yang berfariatif.

“Peluang hujan merata dengan intensitas ringan, sedang dan ada juga lebat. Terjadi pada malam hingga dini hari dan juga berpeluang pada esok pagi. Durasinya agak panjang. Kondisi angin juga relatif kondusif dengan kecepatan sekitar 5 hingga 20 kilometer per jam. Pada cuaca buruk, angin mencapai 40 kilo meter per jam,”terang kepala kantor BMKG Pekanbaru Phlip Mustamu melalui staf analisa Ardhitama.(Surya)

Posting Terkait