KDD RAPP Laksanakan Donor Darah ke 28

PANGKALAN KERINCI (RiauInfo) – Keluarga Donor Darah (KDD) Riau Komplek, PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), sabtu (21/5) kemarin untuk yang ke 28 kalinya kembali melaksanakan Donor Darah. Kegiatan bhakti sosial atau amal yang diikuti ratusan pendonor, baik karyawan dan kontraktor beserta keluarga ini berhasil mengumpulkan 172 kantong dara atau sama dengan 60.200cc darah dari berbagai golongan darah.

Ketua KDD, Raylus menjelaskan bahwa donor darah ini merupakan agenda tiga bulanan yang ditaja untuk membantu orang-orang yang membutuhkan darah untuk kelangsungan hidupnya. Ia menegaskan bahwa bagi peserta yang mengikuti kegiatan donor darah akan mendapatkan kemudahan dalam mencari darah di PMI baik Pelalawan maupun Pekanbaru.

Bagi anggota yang suatu saat membutuhkan darah, maka anggota bisa langsung mendapatkan darah yang dibutuhkan tanpa harus mencari donor pengganti. ”Anggota tinggal menunjukkan kartu keanggotaannya saja, tidk perlu mencari donor pengganti,” ujarnya.

Bukhari, Asisten Markas Unit Donor Darah PMI Pelalawan, mewakili PMI Pekanbaru dan Pelalawan mengatakan, bahwa KDD Riau Komplek RAPP merupakan pendonor terbesar karena memiliki agenda rutinan per tiga bulannya. Hal ini sangat membantu PMI baik Pelalawan maupun Pekanbaru dalam memenuhi kebutuhan pasokan darah.

Menurutnya, saat ini, PMI Pelalawan masih kekurangan stok darah di tempatnya. Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat membantu mereka dalam memenuhi permintaan pasien yan membutuhkan darah. Ia mengatakan, bahwa selama tahun 2010, PMI Pelalawan berhasil mendapatkan 1105 kantong darah dari pendonor sukarela. ”Dari 172 kantong darah yang terkumpul hari ini, sebanyak 115 kantong akan disalurkan ke PMI Pekanbaru dan sebanyak 57 kantong darah untuk PMI Pelalawan,” sambung Bukhari.

Sementara itu, mewakili manajemen RAPP, Elwan Jumandri menjelaskan, manajemen mengucapkan terima kasih kepada anggota KDD Riau Komplek atas eksistensi mereka dalam melaksanakan program donor darah di Riau Complex. Menurutnya, KDD sudah memiliki nama baik di tingkat provinsi, hingga pernah diundang untuk tampil di stasiun TV lokal Riau secara langsung dalam dialog mengenai peranan swasta dalam donor darah.

Kedepan, pihaknya melalui Employee Relations dan KDD Riau Complex untuk melanjutkan program donor darah hingga ke estate-estate, ”sudah dimulai dari estate cerenti, ” ujarnya. Tanggal 28 mendatang, akan digelar juga donor darah serupa di estate teso dan sekitarnya. Mudah-mudahan dengan donor darah yang bapak dan ibu sumbangkan dapat membantu sesama. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada mitra bantuan seperti Bank Jabar Banten, Truba Jurong Eng. Dan Hotel Unigraha, tempat acara diselenggarakan.(zas/rls)

Rizki: