Karyawan RAPP Gelar Program Kesukarelawanan di Segati Langgam

1028 views
Karyawan RAPP Gelar Program Kesukarelawanan di Segati Langgam

Karyawan RAPP Gelar Program Kesukarelawanan di Segati Langgam

PEKANBARU (RiauInfo) – Sekitar 150 orang karyawan PT. Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) yang berasal dari berbagai departemen, serikat pekerja, paguyuban etnis dan keagamaan termasuk karyawan dari Estate Langgam, melaksanakan program kesukarelawanan karyawan (RAPP’s Employee Volunteerism Program) di Desa Segati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Sabtu (6 /3), lalu.

Pelaksanaan program ini adalah yang pertama dilakukan pada tahun 2010 dan yang kedelapan sejak dilaksanakan awal tahun 2009 lalu.

Program kesukarelawanan karyawan RAPP (RAPP’s Employee Volunteerism Program) yang dipusatkan dikantor Desa Segati ini diawali dengan acara silaturahmi dan perkenalan antara karyawan dan Manajemen RAPP yang hadir dengan jajaran pemerintah desa, tokoh masyarakat dan masyarakat lainnya yang dilanjutkan dengan penyerahan bantuan 250 batang bibit pohon dan tanaman buah, serta 10 tong sampah.

Dalam sambutannya mewakili Manajemen, Stakeholder Relation District Manager, Wan Jakh, mengatakan bahwa kehadiran karyawan RAPP di Desa Segati ini adalah salah satu wujud kepedulian sosial karyawan yang secara sukarela ingin membantu masyarakat khususnya yang berada disekitar perusahaan walaupun dalam skala kecil seperti dengan melakukan kegiatan bhakti sosial yang dilakukan pada hari ini.

Dalam hal pelaksanaan program kesukarelawanan karyawan ini, perusahaan hanya memfasilitasi saja tanpa adanya unsur pemaksaan terhadap karyawan. Melalui kegiatan ini diharapkan terjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik diantara karyawan dan perusahaan dengan masyarakat sekitar sehingga kedua belah pihak saling mengenal, mendukung dan membantu.

Hal ini merupakan bagina dari kepedulian dan komitmen perusahaan bersama karyawannya untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar serta seiring dengan ungkapan “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”, yang menjadi landasan penting bagi RAPP dalam menjalankan operasionalnya agar keberadaannya dapat diterima dan didukung oleh masyarakat.

Dengan ungkapan tersebut, maknanya RAPP senantiasa berupaya untuk dapat memberikan manfaat bagi daerah dan masyarakat khususnya di sekitar wilayah operasional perusahaan, ungkap Wan Jakh.

Sementara itu, Manajer RAPP Estate Langgam, Inra Gunawan menyampaikan, dalam kegiatan ini puluhan karyawan dari Estate Langgam turut bergabung dengan karyawan RAPP lainnya dari Pangkalan Kerinci yang hadir untuk melaksanakan berbagai kegiatan dalam program ini.
Menurutnya, hal ini sangat positif karena dengan program ini, karyawan tidak hanya mengenal lingkungan kerja saja melainkan juga dapat bersilaturahmi dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar yang notabene adalah tetangga terdekat mereka sehari-hari.

Usai bersilaturahmi, karyawan RAPP dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan berbagai kegiatan diantaranya penanaman pohon di halaman kantor desa, jalan lingkungan dan sepanjang jalan akses RAPP yang melintasi Desa Segati. Selain penanaman pohon, karyawan RAPP bersama-sama masyarakat setempat melakukan pengecatan kantor Desa Segati.

Sementara itu, beberapa guru sekolah RAPP dan ibu-ibu IWARA mengunjungi Sekolah Dasar 013 Desa Segati, untuk menyerahkan bingkisan peralataan mengambar yang disertai perlombaan mewarnai untuk siswa sekolah tersebut.

MDA swadaya masyarakat Desa Segati juga tak luput dari kegiatan gotong royong yang dilakukan karyawan, yakni pembersihan lingkungan sekitar dan pengecatan gedung MDA dan pagar Mesjid Al Inayah Desa Segati.

Direktur CSR RAPP H. Amru Mahalli mengatakan, kehadiran RAPP dan karyawannya di tengah masyarakat adalah untuk menjadi bagian dari masyarakat. ”Jadi RAPP tidak ingin hadir sebagai tamu di daerah ini, melainkan menjadi tuan rumah dan sekaligus menjadi bagian dari masyarakat” ujar Amru.

Oleh sebab itu, sudah sewajarnya RAPP menunjukkan perhatian dan kepeduliannya kepada masyarakat sekitar melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat dan program sosial lainnya sebagai bagian dari kepedulian sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility), termasuk juga kepedulian karyawan yang secara sukarela ikut membantu masyarakat walaupun dalam skala kecil seperti kegiatan gotong royong yang sedang dilakukan ini, lanjut Amru.

Kepala Desa Segati, Sofyan, menjelaskan selama ini RAPP telah menunjukkan perhatian dan kepeduliannya kepada masyarakat Desa Segati. Namun kali ini, masyarakat Desa Segati merasa lebih bangga lagi karena yang datang untuk bekerja dan membantu masyarakat adalah karyawan sendiri.

”Kehadiran karyawan RAPP membantu masyarakat melakukan gotong royong ini adalah hal yang sangat positif. Ternyata tidak hanya perusahaan saja yang memberikan bantuan melainkan juga karyawan yang bekerja di RAPP. Kami sangat bangga dan berterima kasih. Semoga teta berkelanjutan sehingga semakin mempererat silaturahmi antara masyarakat dan perusahaan serta karyawan”, ujar Sofyan.(ad/rls)

Posting Terkait