Karyawan Perpustakaan Soeman HS Dilatih Pemadaman Kebakaran

854 views
Karyawan Perpustakaan Soeman HS Dilatih Pemadaman Kebakaran

Karyawan Perpustakaan Soeman HS Dilatih Pemadaman Kebakaran

PEKANBARU (RiauInfo) – Karyawan Perpustakaan Daerah Soeman HS Pekanbaru mengikuti “Fire Training, Dasar Pencegahan dan Perlindungan Kebakaran” yang ditaja PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI). Mereka mendapatkan materi yang meliputi seluk-beluk keadaan tanggap darurat, pencegahan kebakaran, keuntungan deteksi dini, serta penyelamatan diri. Pelatihan juga mencakup praktik mengenai teknik-teknik pemadaman api.

Pelatihan ini diadakan menjelang penggunaan secara resmi Energy Corner yang berlokasi di lantai 4 Perpustakaan Daerah Soeman HS. Energy Corner merupakan kontribusi Chevron untuk masyarakat Riau yang akan menjadi salah satu rujukan lokasi dalam mengetahui dan mempelajari lebih jauh tentang operasi minyak dan gas, maupun sumber-sumber energi lainnya.

Dan, pelatihan pemadaman kebakaran kepada 13 karyawan Perpustakaan Daerah Soeman HS merupakan perwujudan salah satu butir Nota Kesepahaman antara CPI dengan Badan Perpustakaan Daerah tentang pentingnya prosedur keselamatan.

Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat mengenali potensi bahaya dan mencegah kebakaran, bertindak positif ketika menemukan kebakaran, mampu memilih dan menggunakan dengan tepat alat pemadam api ringan. Selain itu diharapkan agar setiap orang mampu menyelamatkan diri dalam keadaan darurat.

Pelatihan berlangsung di Multi Function Office, kompleks CPI, Rumbai, pekan lalu. Dalam acara pembukaan, Manager Communications Hanafi Kadir menyatakan bahwa CPI berupaya selalu mengutamakan keselamatan karyawan, sesuai dengan slogan “Do it safety or not at all”, atau lakukanlah pekerjaan dengan selamat atau tidak sama sekali.

“Semoga dengan diadakannya Fire Training ini kita menjadi lebih sadar akan pentingnya keselamatan. Meskipun terkesan kecil, tapi masalah yang dianggap sepele terkadang menjadi pemicu musibah yang amat besar, tanpa kita sadari”, ungkapnya.

Kepala Badan Perpustakaan Daerah Nazib Susila Darma mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada CPI atas upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kepekaan dan kesadaran karyawan perpustakaan terhadap pentingnya keselamatan. Ditegaskannya bahwa perilaku keselamatan sangat penting dimiliki oleh setiap individu.

Seorang teknisi dari Perpustakaan Daerah Soeman HS, Ade Candra, menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat memuaskan dan dia berharap pada keadaan sesungguhnya dapat mempraktikkan semua yang didapat dari pelatihan ini.
Pendapat senada juga dikatakan oleh peserta lainnya, Marlan Silalahi ”Acara ini dapat membekali kami jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mencegah dan memadamkan kebakaran”, jelasnya.(ad)

Posting Terkait