Karhutla Menyala di Kabupaten Pelalawan

640 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih menyala di wilayah provinsi Riau, Rabu (5/11). Jumlahnya relatif menurun dibanding jumlah Karhutla kemarin. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan rekaman satelit NOAA 18 menangkap titik Karhutla berada di wilayah kabupaten Pelalawan hari ini. 

Menurut BMG Stasiun Pekanbaru, Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration 18 mendapatkan hanya satu titik api di wilayah kabupaten Pelalawan provinsi Riau. Sedangkan kabupaten lainnya tidak ada gejala titik api sama sekali. Sehingga BMG mencatat hanya satu titik Karhutla itu di Riau hari ini.

Sebaliknya, BMG masih mencium peluang hujan terjadi secara merata di wilayah Riau. Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, melalui staf analisa Warih mengatakan, hujan diperkirakan berintensitas ringan hingga sedang luas terjadi pada pagi, siang, sore hingga malam hari di wilayah Riau.

BMG juga masih mendapatkan gejala tumbuhnya angin kencang dan petir dalam hujan pada saat-saat tertentu. Namun BMG mendapatkan hujan lebih terfokus pada wilayah Riau bagian Selatan, Tengah dan Riau bagian Barat. BMG optimis Karhutla akan surut tertimpa curah hujan yang relatif merata pada sore atau malam ini di Riau.(Surya)

Posting Terkait