KARHUTLA MENYALA DI ACEH… Hujan Merata Tekan Karhutla di Riau

652 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan kembali mengguyur Kota Pekanbaru Jumat (30/10/09) ini. Hujan dengan intensitas sedang tersebut turun sekitar pukul 14.45 WIB. Seperti yang didapatkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, peluang hujan tidak saja terjadi di Pekanbaru namun merata di seluruh daerah Riau hari ini.

Sejumlah daerah Riau berpotensi hujan dengan intensitas lebat dalam rentang waktu sore hingga malam hari. Intensitas hujan meningkat akibat masih suburnya pertumbuhan awan di udara Riau yang masuk puncak musim hujan pada awal November mendatang.

Kepala Kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Rahmad Tauladani mengatakan, umumnya wilayah Sumatera berpotensi hujan seperti wilayah Provinsi Riau hari ini. Pertumbuhan awan akibat tekanan rendah di sepanjang pesisir Barat Sumatera masih subur dengan potensi petir dan angin kencang.

Hujan juga menekan jumlah kebakran hutan dan alahan di wilayah Sumatera secara umum. Provinsi Riau sendiri tercatat telah bebas dari kebakran hutan dan lahan sejak kemarin hingga Jumat ini. Sedang secara umum, titik kebakaran hutan dan lahan Pulau Sumatera masih ada satu titik di wilayah Provinsi Aceh.(Surya)

Posting Terkait