Kapal Motor Bermuatan Premium Meledak, Dua Tewas dan Satu Hilang

715 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebuah kapal motor yang bermuatan sebanyak delapan ton minyak jenis premium, Selasa malam (24/4) meledak sekitar pukul 19/30 Wib di pelabuhan Sungai Siak Desa Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau. Dalam peristiwa ini sebanyak dua orang awak kapal tewas, dan seorang tewas. 

Peristiwa ini sendiri bermula ketika kapal tersebut selesai mengisi mengisi minyak premium di depot minyak di pelabuhan milik Bismar. Saat akan berangkat, mesin kapal tidak bisa dihidupkan, sehingga para awak kapal berupaya menghidupkannya.

Karena tidak mau hidup juga, Buyung (28) salah seorang awak kapal masuk ke ruangan mesin utnuk memeriksa kondisi mesin. Namun saat dia berada di ruangan mesin tiba-tiba terdengar ledakan keras. Ledakan terjadi tiga kali, dan yang pertama suaranya seperti bom sehingga terdengar sampai radius 5 kilometer.

Sedangkan ledakan kedua dan ketiga terjadi saat api mulai menjalari badan kapal yang terbuat dari kayu itu. Seluruh awak kapal yang jumlahnya 24 orang berusaha menyelamatkan diri dengan terjung ke air dan ada pula yang melompat ke dermaga.

Hanya saja sial bagi Ilyas (24) dan Edi (45) yang saat itu berada di dekat mesin kapal, ledakan tersebut mengenai tubuhnya, sehingga dia mengalami cidera. Dan tidak lama kemudian meninggal dunia saat dalam pertolongan medis di rumah sakit di Siak.

Sedangkan Buyung yang saat peristiwa ledakan berada di kamar mesin belum diketahui nasibnya. Sampai Rabu (25/4) tim penyelamat dari Siak masih terus berupaya mencari jasadnya, jika memang Buyung telah tewas dalam peristiwa ledakan tersebut.

Selain itu, dua awak kapal lagi mengalami luka-luka yang cukup parah juga, namun nyawanya masih dapat diselematkan. Keduanya mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya. Malam itu juga keduanya langsung dirujuk ke RUSD Arifi Achmad Pekanbaru dengan mempergunakan dua unit ambulance.(Ad)

 

Posting Terkait