Kambing Dumai Akan Go Internasional

937 views

DUMAI (RiauInfo) – Kambing yang dihasilkan peternak Dumai saat ini sudah “go internasional”. Sebab Dumai saat ini sedang memprogramkan untuk memasarkan produk kambingnya ke pasar internasional melalui Pelabuhan Dumai. 

Hal ini berawal ketika Dumai mengikuti Konvensyan dan Ayer Expo Dunia Melayu Islam (DMDI) ke-7 di MITC Ayer Keroh, Melaka beberapa waktu lalu. Ketika itu telah disepakati bahwa Malaysia melalui Fama Malaysia akan mengimpor kambing dari Dumai.

Pihak Fama akan membeli langsung ternak kambing dari Dumai untuk kebutuhan masyarakat di Malaysia. Disamping itu Fama juga mengizinkan para pembelinya untuk melakukan transaksi langsung ke Dumai dengan melakukan pengorderan lewat Koperasi Dumai Bersatu.

Kadis Nakkanla Kota Dumai, Ir H Surya Irianto MSi, kepada wartawan di Dumai mengatakan dengan sistem ini ternak dapat dipilih atau diambil ke pusat Karantina Peternakan Kota Dumai satu bulan setelah PO dikirim,” ujarnya.

Sementara itu, Disnakkanla akan keluarkan 3 sertifikat berupa izin ekspor, sertifikat kesehatan (karantina), dan setifikat baka yang terbagi 1, 2 dan 3.

Ditanya jenis kambing yang diminati pembeli dari negara jiran tersebut, ketua Koperasi Dumai Bersatu, Khaidir mengatakan pembeli berminat terhadap jenis kambing kacang dan Jamnapari.

Pada kesempatan itu Dumai juga telah menyampaikan akan meningkatkan standard Rumah Potong Hewan (RPH). Saat ini RPH Dumai tersebut dinilai setara dengan yang dimiliki Malaysia.

Diharapkannya untuk jangka panjang Dumai akan melakukan pengiriman-pengiriman daging segar memenuhi kebutuhan daging kambing dalam negeri Malaysia.(Ad)

Posting Terkait