Kajati Riau Adakan Kunker ke Kabupaten Bengkalis

771 views
news3873BENGKALIS (RiauInfo) – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, M. Djainuddin Nare beserta isteri Ny Hartina Nare dan sejumlah staf, Senin (4/2) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Bengkalis. Kedatangan orang nomor satu di Kajati Riau yang tiba di pelabuhan Bandar Sri Laksamana sekitar pukul 10.30 Wib itu, disambut resmi Bupati Bengkalis H Syamsurizal.

Selain bupati, turut menyambut kedatangan Kajati yang tiba di Bengkalis dengan menggunakan speedboat DPRD Bengkalis itu diantaranya Wakil Ketua DPRD Bagus Santoso, Kajari Ersywo Zaimaru, Ketua Pengadilan Negeri R Matras Supomo, Kapolres Anang R.

Kemudian, Ketua Tim Penggerak PKK Ny Hj Fauziah Syamsurizal, Ketua Dharmawanita Persatuan Ny Hj Darmiwati Sulaiman, Ketua Dharma Yukti Karini Pengadilan Negeri Ny Eral Harini Matras, Ketua Adhyaksa Dharma Karini Ny Nani Ersywo serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bengkalis.

Selanjutnya, sebelum mengadakan temu ramah dengan jajaran Pemkab Bengkalis dan Muspida di Wisma Daerah Sri Mahkota, Kajati dan isteri disambut secara adat oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Bengkalis. Selain disambut dengan pencak silat, dalam penyambutan secara adat ini, Kajati dan isteri dipasangkan tanjak serta selendang oleh pengurus LAMR Kabupaten Bengkalis.

Kemudian, dalam acara Junjungan Daulat yang dilaksanakan Gedung LAMR Bengkalis, Kajati dan isteri juga ditepuk tepung tawari oleh lima orang pemuka adat Kabupaten Bengkalis. Selain Ketua Umum LAMR Bengkalis H Sulaiman Zakaria, adapun pemuka adat Melayu Bengkalis yang turut menepuk tepung tawari Kajati dan isteri, diantaranya H Zainuddin Yusuf, HA Rahman D, HA Bakar K dan H Ahmad Nontel.

Disamping itu, sebagai bentuk penghormatan, dalam kesempatan itu juga Kajati dan isteri masing-masing memperoleh seperangkat pakaian Melayu lengkap. Pemberian busana Melayu itu kepada keduanya langsung diberikan oleh Ketua Umum LAMR Bengkalis.

Usai disambut secara adat, Kajati dan isteri beserta rombongan mengadakan temu ramah dikediaman resmi Bupati Bengkalis, di Wisma Daerah Sri Mahkota. Pada kesempatan itu, Kajati menjelaskan bahwa Kunker yang dilakukannya itu dalam rangka mengenal lebih dekat wilayah Kabupaten Bengkalis yang juga menjadi wilayah kerja Kajati Riau.

“Disamping itu untuk mencari dan menerima masukkan dari jajaran Kejaksaan Negeri Bengkalis, sehingga tugas yang diemban jajaran kejaksaan pada masa yang akan datang menjadi lebih baik,” terang Djainuddin yang baru pertama kali ke Bengkalis sejak dilantik sebagai Kajati Riau sekitar enam bulan lalu.
Dikatakan Djainuddin, selama ini sebenarnya dirinya sudah mengetahui banyak hal tentang Kabupaten Bengkalis. “Namun, melihat secara langsung meskipun hanya sekali, jauh lebih baik dari mendengar seribu kali,” terangnya memberikan tamsil.

Pada bagian lain, Djanuddin meminta seluruh lapisan masyarakat di daerah ini untuk dapat membantu dan bahu-membahu bersama pihak kejaksaan dalam menegakan hukum di daerah ini.

Selanjutnya, kepada seluruh jajarannya, khususnya seluruh aparat Kejaksaan Negeri Bengkalis yang juga hadir dalam temu ramah itu, pria asal Sulawesi Selatan ini meminta agar dalam melaksanakan penegakan hukum dilakukan secara profesional dan proporsional dengan memperhatikan rasa keadilan masyarakat.

“Dalam penegakan hukum, seluruh kejaksaan tidak boleh melakukan pelanggaran hukum. Hukum tidak akan dapat ditegakkan apabila dalam upaya penegakan itu terjadi pelanggaran hukum,” ingat Djainuddin yang usai temu ramah mengadakan pertemuan khusus dengan jajarannya di kantor Kejaksaan Negeri Bengkalis di Jalan Pertanian Bengkalis.

Sementara itu, dalam sambutan selamat datang kepada Kajati dan rombongan, selain menjelaskan tentang kebijakan dan berbagai permasalahan yang menghambat proses percepatan pembangunan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, Syamsurizal juga mengatakan jajaran Pemkab Bengkalis mendukung sepenuhnya setiap upaya penegakan supremasi hukum.

Masih dalam rangka kunjungan Kajati Riau ke Bengkalis, pada kesempatan ini, Ny Hartina Nare juga menyempatkan meninjau berbagai hasil kerajinan di Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkalis. Didampingi Nani Ersywo, kedatangan Hartina Nare ke Dekranasda itu langsung disambut Ketua Dekranasda Bengkalis, Ny Hj Fauziah Syamsurizal.

Usai melakukan berbagai kegiatan, pada hari itu juga Kajati dan isteri beserta rombongan kembali ke Pekanbaru. Dengan diantar bupati Bengkalis, Muspida dan sejumlah tokoh adat, dengan menggunakan speedboat yang sama, tepat pukul 15.30 Wib, rombongan Kajati meninggalkan Bandar Sri Laksamana Bengkalis.(Ad)


Posting Terkait