Kabut Asap Mengancam Riau Daratan

598 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Jangan mimpi Riau akan terhindar dari kabut asap. Bahkan berdasarkan ramalan pihak Bapedalda Riau, tahun ini bencana kabut asap yang setiaP tahun menyerang Riau akan lebih parah lagi. 

Ramalan ini berdasarkan laporan dari BMG Pekanbaru yang menyebutkan akan terjadi aktrifitas pembakaran hutan dan lahan yang tinggi selama tahun 2007 ini, dan bahkan hal itu akan terdiri dari tiga fase titik panas di Riau, yakni fase Maret-April, Juni-Juli, dan Oktober-November.

Sehubungan hal itu Kepala Bapedalda Riau Chairul Zainal minta kepada masyarakat untuk mewaspadai bencana kabut asap yang kini mengancam Riau itu.

Bahkan dia minta kepada masyarakat untuk tidak lagi melakukan pembakaran lahan atau hutan untuk keperluan apapun. “Karena asap yang terjadi akan menjadi bencana bagi daerah ini,” ujarnya.

Pihaknya sendiri, menurut dia, telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi terjadinya pembakaran lahan dan hutan. Diantaranya dengan membentuk tim pengendalian kebakaran hutan dan lahan melalui sistem pengawasan antar desa dan membentuk masyarakat anti api.

“Disamping itu kami sudah meminta kepada seluruh kabupaten di Riau untuk menyediakan peralatan yang digunakan untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. “Peranan kabupaten-kabupaten memang sangat diharapkan,” ujarnya.(Ad)

Posting Terkait