Jurnalis Muda Se-Sumatera Kunjungi Chevron

887 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebanyak 20 orang jurnalis muda berasal dari pers mahasiswa se-Sumatera hari ini mengunjungi PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI). Para mahasiswa ini berasal dari berbagai media kampus dari universitas berbeda.


Mereka di antaranya berasal dari Detak Aceh, Jurnal Poin (Universitas Syiah Kuala-Aceh), Kreatif (UNM-Medan), Genta dan Suara Kampus (UNAND-Padang), Ukhuwah (UNSRI-Palembang), Teknokra (UNILAM-Lampung), Gagasan (UIN SUSKA-Pekanbaru) dan Universitas Riau sebagai tuan rumah yang diwakili oleh Bahana Mahasiswa.

Program kunjungan pers kampus di Chevron adalah rangkaian program jurnalistik di Sumatera yang telah berlangsung sejak tanggal 24 Mei lalu dan akan berakhir pada tanggal 29 Mei 2010. Basilius , salah satu instruktur, menyatakan “ tujuan kunjungan ini adalah untuk meningkatkan kualitas jurnalis muda melalui simulasi proses pengambilan informasi CPI sebagai objek dari berita yang akan ditulis”.

Ari MS (Panitia Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Lanjut/DJMTL) juga menambahkan bahwa kunjungan ini termasuk dalam rangka menjalin silaturahmi antara pers kampus terhadap CPI melalui kegiatan yang diadakan oleh Mahasiswa Universitas Riau sebagai bagian dari masyarakat tempatan.

Kegiatan yang dimulai pukul 8 pagi bertempat di lokasi utama Gedung IVCC Minas yang merupakan pusat informasi visualisasi 3D untuk mempelajari dan mengevaluasi kondisi di bawah permukaan bumi sebelum melakukan pengeboran.

Peserta mendapatkan penjelasan dan dialog interaktif mengenai CPI Overview yang disampaikan oleh Okta Herifandi, Petrolium Oil and Gas Mechanism-Sub Surface World oleh Ari Atmoko dan Rizaq Hisan, Extending Field Life Trough Tertiery Recovery, a Strategic Terchnology Investment oleh Agus Masduki dan secara keseluruhan disampaikan pula eksplanasi mengenai Sumatera Light South (SLS) yang disampaikan langsung oleh General Manager SLS, Bachtiar Abdul Fatah. ‘Pak BAF’ begitu kerap disapa terlihat sangat antusias, dengan cara yang luar biasa membuka pertemuan dengan mengajak peserta menyanyikan Lagu Indonesia Raya bersama-sama dan menutupnya dengan lagu ‘Astaga’ sebagai simbol motivasi generasi muda untuk terus berkreasi.

Peserta dilengkapi dengan peralatan Personal Protective Equipment (PPE) sebagai salah satu bentuk tindakan menjaga keselamatan di wilayah operasi. Para jurnalis muda ini juga mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Gathering Station (GS)#1 Minas dan menerima penjelasan tentang fungsi GS di Lapangan.

Kunjungan pers kampus se-Sumatera adalah salah satu media komunikasi efektif yang terus di upayakan untuk ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. PGPA memfasilitasi kegiatan positif ini sebagai bukti bahwa CPI berupaya membuka dan mendekatkan kepada masyarakat serta memperluas informasi tentang kinerja CPI sebagai perusahaan multinasional yang mengeksplorasi migas.(ad/rls)

Posting Terkait