Jumlah Karhutla Kian Mengecil di Pulau Sumatera

601 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan tidak saja melanda provisi Riau sendiri, namun provinsi lain di wilayah pulau Sumatera juga mengalami hujan Minggu (24/08) ini. Sehingga, jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menurun tajam di wilayah pulau Sumatera hari ini. 

Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Sasiun Pekanbaru, Satelit NOAA 18 sedikitnya menangkap dua titik api di wilayah pulau Sumatera hari ini. Dua titik api itu berada masing-masing sau titik di wilayah provinsi Jambi dan provinsi Sumatera Selatan.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepla BMG Pekanbaru melalui staf Analisa Marzuki mengatakan, titik api di wilayah dua provinsi tetangga tersebut diperkirakan telah turut padam akibat hujan sore ini. Pasalnya, rekaman satelit NOAA 18 itu berkisar pada pukul 13.00 WIB siang tadi.

Sedangkan peluang hujan yang melanda provinsi Riau juga dialami oleh beberapa provinsi itu sekitar pukul 14.00 WIB hingga sore dan malam ini. Di provinsi Riau sendiri, titik api hilang hingga ke titik nol akibat hujan sejak tiga hari terakhir termasuk hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait