Jumlah Karhutla Kembali Menurun di Sumatera

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terjadi di sejumlah wilayah pulau Sumatera, Selasa (21/10) ini. Meski jumlahnya mulai menurun, namun sedikitnya tiga provinsi masih mempunyai titik Karhutla. Provinsi tersebut adalah provinsi Jambi, Sumatera Selatan dan provinsi Kepulauan Riau. Sedangkan provinsi Riau mengalami hujan dan selamat dari kebakaran hutan dan lahan itu hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelitNational Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 menangkap hanya satu titik Karhutla menyala di wilayah provinsi Jambi.

Menyusul 2 titik Karhutla menyala di wilayah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Sedangkan wilayah provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengalami 2 titik kebakaran hutan dan lahan. Sehingga jumlah karhutla di wilayah pulau Sumatera menjadi 4 titik api hari ini. Jumlah tersebut kembali menurun dibanding 12 titik api di Sumatera kemarin.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Warih mengatakan, umumnya hujan masih mendominasi cuaca wilayah pulau Sumatera. Namun titik api masih menyala di sejumlah wilayah provinsi. Sedangkan jumlah karhutla wilayah Riau tertekan oleh hujan hingga ke titik nol dalam tiga hari belakangan ini.(Surya)

 

Rizki: