JUMBARA NASIONAL VII DI GORONTALO PMR Kabupaten Kampar Kirim 15 Anggota

BANGKINANG (RiauInf) – Sebanyak 15 orang dari Kontingen Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten Kampar akan mengikuti Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Nasional ke VII, di Gorontalo selama 7 hari pada 3-10 Juli 2011 mendatang.


Keberhasilan PMR Kabupaten Kampar mengirimkan kontingen itu merupakan hasil kompetisi yang diperoleh saat berhasil meraih Juara Umum dari 42 Kontingen pada Jumbara PMR se-Riau bulan Desember 2010 lalu di Tembilahan, Indragiri Hilir.

Kontingen ini terdiri dari 13 orang peserta, 1 orang pendamping dan 1 pembina/pelatih. “Untuk mengikuti Jumbara Nasional itu PMR yang dinaungi oleh PMI Kabupaten Kampar itu telah melakukan berbagai persiapan dengan tahapan latihan dua tahapan yang pertama dilakukan pada 18-24 Mei 2011 lalu,” ujar H Zulher Ketua PMI Cabang Kabupaten Kampar di Bangkinang, Kamis (26/05).

Ditambahkannya, dan untuk tahapan pemantapan dilakukan pada 18-20 Juni mendatang yang akan diserahkan kepada propinsi untuk tahapan pemantapan akhir.

Sementara itu Ketua Panitia Persiapan Jumbara Kabupaten Kampar Misrahayati menyebutkan, berbagai macam kegiatan yang diperlombakan pada Jumbara Nasional itu. “Ada 5 kegiatan PMR meliputi cabang kegiatan Pertolongan Pertama, Kepalangmerahan (HPI), Siaga Bencana, PRS (Pendidikan Remaja Sebaya), Pensi (Pentas Seni)”, katanya.

“PMR Kabupaten Kampar telah dua kali mengikuti kompetisi ini, di Pekanbaru tahun 2006 dan di Tembilahan tahun 2010. PMR Kabupaten Kampar merebut juara umum kedua-duanya dan kita berhak mewakili Riau pada Jumbara Nasional di Gorontalo pada 2011 ini,” papar Misra.

Tapi itu bukan tujuan akhir, eksistensi dalam aksi kemanusiaan jauh lebih penting dan bernilai. Jumbara ini juga sarana untuk mengimplementasikan Tri Bakti PMR, baik secara pribadi maupun kelompok masyarakat sekolah, dengan menanamkan nilai-nilai pengabdian kepada masyarakat, upaya dan keinginan untuk mengoptimalkan ketrampilan diri, kesadaran untuk senantiasa memelihara kebersihan dan kesehatan, serta menumbuhkan dan mempererat persahabatan antar sesama. (arief).

 

Rizki: