JUARA UMUM JUMBARA SE RIAU DIREBUT PMR KABUPATEN KAMPAR Zulher: Eksistensi PMR Terus Ditingkatkan

729 views
KAMPAR (RiauInfo) – Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten Kampar akhirnya keluar sebagai juara umum pada Jumpa Bakti gembira (Jumbara) PMR se-Riau di Tembilahan yang digelar 26-30 Desember 2010 kemarin. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerjakeras dan kerjasama PMI Cabang Kabupaten Kampar yang menaungi PMR Kabupaten Kampar dengan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Kampar.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PMI Cabang Kabupaten Kampar H Zulher ketika ditemui wartawan usai menghadiri pelantikan sejumlah Pejabat Struktural di Aula Kantor Bupati Kampar, Kamis (30/12/2010).” Alhamdulillah, saya dikabari oleh pengurus PMR disana kita mampu menunjukkan kemampuan terbaik dengan merebut juara umum Jumbara yang diadakan di Tembilan. Tentunya ini tidak terlepas dari pembinaan yang secara kontinyu yang kita lakukan serta kerjasama dengan sejumlah elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Kampar,” ujar Zulher.

Disebutkan Zulher, PMR Kampar telah dua kali mengkuti kompetisi ini yakni di pekanbaru tahun 2006 dan sekarang di Tembilahan.” Dari dua kali kesempatan itu, PMR Kabupaten Kampar merebut juara umum kedua-duanya dan kita berhak mewakili Riau pada Jumbar Nasional yang akan berkangsung di Gorontalo pada 2011 mendatang. Tapi itu bukan tujuan akhir, eksistensi dalam aksi kemanusian jauh lebih penting dan bernilai,” ungkap Ketua PMI Kabupaten Kampar.

Zulher menjelaskan, keberhasilan PMR Kabupaten Kampar keluar sebagai juara umum tidak terlepas dari dominannya PMR Kabupaten Kampar hampir pada semua cabang yang diperlombakan. Dari sembilan cabang yang diikuti yakni pertolongan pertama, peralatan keluarga, kebersihan remaja, kesiagaan bencana, kepalang merahan, donor darah siswa, pentas seni, majalah dinding dan pamerana mini PMR Kampar berhasil merebut delapan cabang baik pada tingkat Madya untuk SMP maupun tingkat Wira untuk SMA.

” Pada jumbara tersebut PMI Kabupaten Kampar mengikuti dua tingkatan, yakni tingkat Madya untuk SMP dimana kita unggul 8 cabang dari Sembilan cabang begitu juga tingkat Wira untuk SMA kita unggul 8 cabang juga dari Sembilan cabang,” jelas Zulher.

Zuher mengatakan, mendukung sepenuhnya program pembinaan dan pengembangan PMR yang dilaksanakan PMI Cabang Kabupaten Kampar baik moril maupun materil dan mendorong terbentuknya ribuan PMR di wilayah Kabupaten Kampar sebagai kader PMR yang handal. Selain itu kegiatan yang diikuti PMR yang diharapkan dapat mensosialisasikannya kepada remaja sebaya lainnya agar terjadi perubahan perilaku remaja kearah yang positif dan mampu eningkatkan ketahanan remaja dari rongrongan budaya dan perilaku yang negatif .

“Jumbara ini juga sarana untuk mengimplementasikan Tri Bakti PMR, baik secara pribadi maupun kelompok masyarakat sekolah, dengan menanamkan nilai-nilai pengabdian kepada masyarakat, upaya dan keinginan untuk mengoptimalkan ketrampilan diri, kesadaran untuk senantiasa memelihara kebersihan dan kesehatan, serta menumbuhkan dan mempererat persahabatan antar sesama,” papar Zulher yang sehari-hari menjabat Sekadakab Kampar. (arief)

Posting Terkait