Jika Diperbolehkan, Riau Siap Penuhi Listrik Sendiri

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemprov Riau optimis siap memenuhi kebutuhan tenaga listrik di wilayahnya jika pemerintah pusat membolehkan daerah mengelola listrik. Sebab Riau memiliki potensi besar untuk memproduksi listrik untuk kebutuhan masyarakat.

“Upaya ke arah sana sudah dilakukan salah satu perusahaan daerah kita untuk pengadaan energi. Tapi itu tidaklah mudah, karena persoalan jaringan ada di PLN,” ungkap Wakil Gubernur Riau HM MAmbang Mit kepada wartawan di Pekanbaru.

Mambang Mengatakan, jik regulasi ketenagalistrikan yang sepenuhnya dimonopoli PLN diubah dan diperbolehkan daerah untuk mengelola listrik, maka hal ini akan mempercepat mengatasi krisis listrik yang berlangsung saat ini.

Tapi jika perubahan regulasi itu tidak dikabulkan pemerintah pusat, dia berharap program 10 ribu megawatt yang saat ini sedang diupayakan pemerintah pusat secepatnya terealisasi. “Sebab tidak mungkin kita mengalami kondisi krisis listrik terus menerus,” ujarnya.

Mambang mengatakan, sejumlah kepala daerah mengharapkan adanya regulasi tentang kelistrikan ini. “Saya rasa wajar daerah mengharapkan adanya regulasi tersebut, karena sampai saat ini hampir seluruh daerah mengalami krisis listrik,” tambahnya.(ad)

Rizki: