Jembatan Timbang Di Riau Dalam Kondisi Kritis

583 views

Pekanbaru – Tiga dari empat jembatan timbang yang dimiliki Dinas Perhubungan (Dishub) Riau saat ini dalam kondisi kritis dan tidak layak pakai, kata Kadishub Riau Feisal Qomar Qarim.


“Jembatan timbang yang agak baik hanya jembatan timbang yang berada di daerah Duri, Kecamatan Mandau, yang lainnya kondisinya sangat memprihatinkan,” katanya kepada pers di kantor gubernur Riau di Pekanbaru, Kamis.

Ia menambahkan, kemampuan jembatan timbang yang dimiliki Dishub Riau hanya untuk menimbang muatan 40 ton, sementara truk trailer selalu membawa muatan lebih dari itu. “Kalau dipaksakan truk dengan muatan lebih dari 40 ton itu masuk, bisa hancur jembatan timbangnya,” imbuhnya

Dari jembatan timbang yang ada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berhasil masuk ke kas daerah tahun 2005 lalu Rp1,6 miliar, untuk tahun 2006 PAD yang ditargetkan dari jembatan timbang sebesar Rp1,8 miliar.

“Sebenarnya untuk jembatan timbang, semakin kecil PAD yang masuk atau tidak ada masuk sama sekali akan semakin bagus, karena dengan demikian tidak ada truk trailer yang menyalahi aturan yang ada,” kata mantan wakadis Kimpraswil Riau itu lagi.

Posting Terkait