Jelang Ramadhan, Pengemis Makin Ramai di Pekanbaru

PEKANBARU (RiauInfo) – Beberapa hari terakhir ini pengemis di Pekanbaru terasa semakin ramai saja. Hal ini memang merupakan tradisi tahunan dimana setiap menjelang bulan Ramadhan para pengemis berdatangan ke kota ini. 

Seperti yang diamati RiauInfo Kamis (21/8) para pengemis tersebut mulai beroperasi di sejumlah tempat di Pekanbaru, seperti di pusat-pusat perdagangan, persimpangan jalan, jembatan penyeberangan dan rumah-rumah ibadah.

Umumnya mereka mengemis dengan menonjolkan cacat tubuh yang dimilikinya, seperti kaki puntung, tangan puntung, mata buta dan sebagainya. Tapi ada pula diantara mereka mengemis tanpa cacat tubuh, tapi dengan mengendong anak atau berpura-pura lapar.

Warsito (49) salah seorang warga merasakan makin ramainya pengemis di Pekanbaru akhir-akhir ini. “Dulu di atas jembatan penyeberangan depan Sukaramai Plaza hanya terdapat dua orang pengemis. Tapi sekarang bertambah menjadi empat bahkan lima orang,” ujarnya.

Begitu pula di persimpangan jalan, misalnya persimpangan Mal SKA, jumlah mereka makin bertambah saja. Disini, kalau dihitung-hitung jumlah mereka mencapai 10 orang. “Mereka mulai berdatangan ke Pekanbaru karena mendekati bulan Ramadhan,” jelasnya.(Ad)

 

Rizki: