Jelang Idul Adha, Harga Sapi Mulai Melambung

PEKANBARU (RiauInfo) – Menjelang hari raya Idul Adha ini harga hewan ternak sapi mulai melambung. Bila biasanya satu ekor sapi ukuran sedang dijual dengan harga Rp 4,5 juta, kini dijual dengan harga Rp 6,3 juta. Harga ini diperkirakan akan semakin meningkat beberapa hari menjelang Idul Adha nanti. 

Untuk mengantisipasi semakin membludaknya permintaan sapi di Riau, saat ini Plaza Ternak yang dimiliki Dinas Peternakan Riau telah memasok sebanyak 200 ekor sapi. Sapi-sapi itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Sumbar, Jambi dan Lampung.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Riau, Firdaus menganjurkan masyarakat untuk membeli ternak di Plaza Ternak ini. Sebab hewan-hewan ternak yang dijual disini sudah dijamin kesehatannya, karena keberadaan hewan ternak itu terus dikontrol.

Dia mengatakan, meski Idul Adha masih satu bulan lebih lagi namun permintaan sapi dari para pengurus mesjid di Pekanbaru sudah mulai mengalir di Plaza Ternak ini. “Saat ini memang banyak pengurus mesjid mempercayakan Plaza Ternak untuk penyediaan hewan kurban,” jelasnya.

Hal ini, menurut dia disebabkan para pengurus mesjid tersebut merasa hewan kurban yang berasal dari Plaza Ternak sudah terjamin kesehatannya. “Jadi mereka tidak ragu-ragu lagi untuk memesannya di Plaza Ternak jauh hari sebeloum Idul Adha,” tambahnya.(Ad)

 

Rizki: