Jawa Diguncang Gempa, Sumatera dan Bali Juga Bergetar

PEKANBARU (RiauInfo) – Gempa dengan kekuatan tinggi, yakni 7,4 skala richter terjadi di Pulau Jawa, Kamis (9/8) pukul 00.04.57 Wib dini hari. Getaran gempa tidak hanya dirasakan di sejumlah kota di Pulau Jawa saja, tapi juga terasa sampai di Sumatera dan Bali.

Peristiwa ini menjadi berita utama Riau Pos edisi Kamis (9/8). Dalam beritanya berjudul “Gempa 7,4 SR Guncang Jawa” harian ini menyebutkan pusat gempa Pulau Jawa ini berada sekitar 75 km Barat Laut Kota Indramayu, 112 Km dari Jakarta, 116 Km Bandung, dan 130 km Cirebon dengan kedalaman 286 Km di bawah permukaan laut.

Sementara itu Metro Riau berita utamanya hari ini masih tentang persiapan pengamanan kedatangan Presiden SBY ke Riau. Kali ini diberitakan bahwa Korem akan mendatangkan pasukan tambahan sebanyak tiga kompi lagi dari Sumatera Barat dan dua pleton dari Sumatera Utara untuk mengamankan presiden SBY ke Riau, 11-12 Agustus nanti. Berita berjudul “Korem Datangkan Pasukan Tambahan“.

Sedangkan Media Riau memberitakan kegiatan gelar pasukan yang diikuti lebih kurang 4000 personil TNI, Polri dan Satpol PP dalam rangka pengamanan kunjungan presiden SBY ke Riau. Gelar pasukan tersebut disaksikan langsung Gubernur Riau HM Rusli Zainal. Berita itu berjudul “Gelar Pasukan Pengamanan SBY“.

Pekanbaru Pos
 memilih topik kenaikan harga sembako sebagai berita utamanya hari ini. Dalam beritanya berjudul “Sembako Merangkak Naik” harian ini menyebutkan kenaikan harga sembako itu berkisar antara 10-15 persen. Kenaikan itu sendiri sudah mulai terasa sejak sepekan yang lalu.

Peristiwa penikaman yang dilakukan seorang pedagang sate terhadap seorang Satpam dan adiknya, menjadi berita utama Pekanbaru MX hari ini. Dalam berita berjudul “Adik Sekarat, Satpam Tewas Ditikam Pisau Sate” disebutkan peristiwa itu terjadi di Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru, Rabu dinihari, sekitar pukul 00.30 Wib.

Sedangkan Tribun Pekanbaru hari ini masih mengangkat masalah jual beli buku di sekolah. Dalam berita berjudul “Bawasko-Guru Debat Sengit” disebutkan pihak guru membantah telah menjual buku paket kepada muridnya. Kenyataannya ada murid yang mengaku dihukum berdiri di depan kelas gara-gara tidak mampu membeli buku paket.

Sementara itu Rakyat Riau hari ini kembali mengangkat kasak kusus Pilgubri. Kali ini tentang upaya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mendekat ke Partai Golkar untuk mendukung Rusli Zainal pada Pilgubri mendatang. Berita itu berjudul “PKS Merapat ke Golkar dan RZ“.

Riau Tribune memilih topik pernyataan sikap yang dilakukan sekelompok tokoh muda Riau yang tergabung dalam Forum Riau Menggugat. Dalam jumpa pers yang digelar di Rumah Makan Sri Mersing ini, mereka menyatakan mendukung dan menuntut penegakan hukum yang tengah berlangsung di ranah Melayu. Berita itu berjudul “Gundah Lihat Kondisi Terkini, Tokoh Muda Gagas Forum Riau Menggugat“.

Rizki: