JAUH DARI TEKANAN RENDAH… Perairan Riau dan Kepulauan Riau Masih Normal

PEKANBARU (RiauInfo) – Perairan Provinsi Riau dinyatakan aman dari gelombang pasang, Minggu (19/04/2009) ini. Keadaan itu menyusul ketinggian gelombang maksimum hanya kurang dari satu meter di sejumlah perairan Provinsi Riau. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyatakan, dalam sepekan terkahir gelombang relatif tidak terpengaruh dengan curah hujan yang meningkat di Riau.

Perairan Bengkalis, Dumai, Selat Panjang dan pesisir Riau bagian Selatan lainnya hanya mengalami gelombang sekitar 0,5 metr hingga 0,75 meter. Begitu juga dengan perairan Rokan Hilir ataupun perairan pesisir bagaian Utara Riau lainnya.

Staf analisa Slamet Riyadi mewakili kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu mengatakan, gelombang pasang sering terjadi akibat tekanan rendah dari Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik. Tekanan rendah sepekan terakhir tidak lagi mendekati perairan Riau dan Kepulauan Riau (Kepri).

Sehingg sementara ini pengaruh cuaca buruk akibat tekanan rendah masih belum meningkatkan gelombang di Riau dan Kepulauan Riau.

“Gelombang yang kurang dari satu meter aman bagi pelayaran, termasuk bagi kapal-kapal kecil yang sering dibawa nelayan melaut,”ungkap Slamet Riyadi.(Surya)

 

Rizki: