Jambi Tertinggi Alami Karhutla di Sumatera

553 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebar di tiga provinsi wilayah Pulau Sumatera. Selain provinsi Riau sendiri, Karhutla juga menyala di wilayah provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan wilayah provinsi Jambi, Kamis (27/11) ini. 

Kepala BMG Stasiun Pekanbaru Blucer Dolog Saribu sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Marzuki mengatakan, satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 menangkap 3 titik api menyala di wilayah provinsi Riau.

Menyusul 3 titik api juga menyala di wilayah provinsi Sumatera Barat. Sedangkan provinsi Jambi mengalami kebakaran hutan dan lahan terbanyak mencapai 5 titik hari ini. Sehingga, jumlah Karhutla menjadi 11 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini.

BMG Pekanbaru mendapatkan gejala hujan relatif menurun di sejumlah wilayah provinsi Riau. Keadaan itu memicu penyulutan titik api di sejumlah daerah Riau. Kondisi itu tidak jauh berbeda terjadi juga di wilayah provinsi lain yang mengalami Karhutla di Sumatera hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait