Jalur Sepeda Motor dan Mobil Akan Dipisahkan

727 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Akhir-akhir ini angka pertumbuhan sepeda motor di Pekanbaru sangat tinggi, sehingga lambat laun dapat menimbulkan kesemrawutan di jalan-jalan di Pekanbaru. Berkaitan hal itu pihak Dinas Perhubungan Pekanbaru punya rencana baru untuk menghadapi masalah ini. 

Rencana tersebut adalah dengan membuat jalur khusus untuk sepeda motor, sehingga nantinya antara sepeda motor dengan mobil akan berjalan terpisah. Namun jalur khusus ini hanya bisa dibuat di jalan-jalan tertentu yang masih luas, misalnya di Jalan Soekarno-Hatta dan SM Amin.

Kepala Dinas Perhubungan Pekanbaru, Pria Budi mengatakan, keberadaan jalur khusus bagi sepeda motor ini sudah sangat mendesak mengingat jumlah sepeda motor di Pekanbaru saat ini sudah sangatbanyak. “Bayangkan saja setip tahunnya pertambahan sepeda motor di Pekanbaru mencapai 4.000 unit,” ujarnya.

Seandainya sepeda motor itu tidak dibuatkan jalur khusus, tentunya keberadaan kendaraan ini di jalan raya akan menimbulkan keruwetan dan kemacetan. “Bayangkan saja kalau di jalanan dipenuhi sepeda motor, betapa macetnya jalan tersebut,” jelasnya.

Makanya, pihaknya sdah punya rencana untuk membuat jalur khusus bagi sepeda motor, sehingga terpisah dengan mobil. Bila jalur khusus ini nantinya sudah beroperasi, dipastikan situasi jalan raya di Pekanbaru akan tetib dan lancar.(Ad)

 

Posting Terkait