JADWAL PENERBANGAN TERGANGGU.. Asap Tebal Tutup Bandara SSK II Pekanbaru

519 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kabut asap yang tebal telah mengacaukan rutinitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Minggu (5/7/09) ini. Kabut telah membatasi jarak pandang yang hanya kurang dari satu meter sejak pagi hingga tengah hari tadi. Pihak SSK Pekanbaru akhirnya mengumumkan aktifitas bandara ditutup sementara waktu.

Tower Bandara SSK II Pekanbaru mengumumkan bahwa bandara ditutup untuk sementara waktu sejak pukul 12.30 WIB. Penutupan ini akhirnya menunda beberapa jadwal penerbangan. Sementara, jarak pandang akibat asap diketahui hanya mencapai 1 kilometer pada pukul 07.00 WIB.

Selanjutnya pada pukul 08.00 WIB jarak pandang berangsur menjadi 2 kilometer. Keadaan kabut kian parah dan membatasi jarak pandang hanya sekitar 800 meter pada pukul 12.30 WIB dan bandara SSK II langsung mengumumkan penutupan hingga waktu yang belum ditentukan.

Namun, setelah pukul 15.00 WIB, akhirnya Bandara SSK II Pekanbaru kembali aktif setelah jarak pandang mulai reda dengan maskimum mencapai 1,5 kilometer. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru membenarkan pencitraan satelit bahwa kabut asap adalah penyebab utama terbatasnya jarak pandang. Kabut asap tersebut dampak dari kebakran hutan dan lahan yang mencapai 161 titik api Sabtu kemarin.(Surya)

Posting Terkait