Jadikan Masjid Sebagai Unit Pembinaan Umat

641 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis, H Sulaiman Zakaria mengajak umat Islam untuk menjadikan masjid sebagai unit pembinaan umat. Karena selama ini, masjid hanya dijadikan tempat ritual ibadah semata.

“Pada masa Rasul biasa digunakan sebagai tempat ibadah, pengaturan tata negara, mengatur siasat perang, pengembangan pendidikan,tempat pengobatan para korban perang, tempat mendamaikan dan menyelesaikan sengketa, tempat menerima utusan delegasi/tamu, sebagai pusat penerangan, dan pembelaan agama,” ungkap Sulaiman Zakaria pada acara peletakan batu pertama Masjid Raudatul Ulum dusun Bangun Sari desa Bantan Air, Jumat (11/4).

Pada acara peletakan batu pertama, turut dihadiri Kepala Desa (Kades) Bantan Air, Tarmizi, Amd dan tokoh masyarakat setempat, Sekda juga memberikan bantuan dana pembangunan sebesar Rp 10 juta. Sebelum acara peletakan batu pertama, diisi tausiah oleh ustat Priono dari kota Duri, kecamatan Mandau.

Dikatakan Sulaiman Zakaria, ada kecenderungan saat ini umat berlomba-lomba mendirikan masjid yang megah. Setelah masjid dibangunan, tugas umat untuk beribadah di masjid belum memuaskan. Seharusnya, bangunan masjid yang indah harus diimbangi dengan semangat umat untuk meramaikan masjid.

Fungsi masjid khususnya pada zaman Rasulullah dan sesudahnya disebabkan beberapa faktor. Pertama, tingginya tingkat kesadaran masyarakat/kaum Muslimin berpegang teguh pada nilai-nilai ajaran Islam dalam semua aspek kehidupan. Kedua, para pengurus/Pembina masjid mampu menghubungkan aktivitas masjid dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi sosialnya.

Ketiga, tercapainya kesamaan visi, misi dan hati antara pengurus masjid, ustadz/khatib dan jamaahnya, untuk membangun semua bidang kehidupan. ”Semua itu merupakan kunci sukses untuk menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan umat,” tandas Sulaiman Zakaria yang juga Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Bengkalis.

Untuk memakmurkan masjid, ada potensi yang tak boleh diabaikan, yakni remaja masjid. Keberadaan remaja masjid sangat penting untuk memakmurkan masjid dan membentengi para remaja Muslim, khususnya yang tinggal di sekitar masjid.

Masa remaja adalah fase pembentukan yang efektif dan efisien. Remaja masjid dapat memacu soliditas masyarakat untuk menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar. Remaja mesjid, merupakan pintu utama yang tepat untuk perkembangan dakwah.(ad/rls)

Posting Terkait