Jadi Tong Sampah Terbesar di Pekanbaru

824 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebagian masyarakat yang tinggal di sepanjang pesisir Sungai Sail Pekanbaru menjadikan sungai ini sebagai tempat pembuangan sampah. Akibatnya aliran sungai ini sering tidak lancar sehingga menimbulkan banjir di beberapa kawasan. 

Salah satu kawasan yang sering terkena banjir akibat meluapnya Sungai Sail ini adalah Jalan Bambu Kuning dan ujung Jalan Sumbersari, Kelurahan Tanjung Rhu. Setiap musim hujan, kedua kawasan ini selalu jadi langganan banjir akibat meluapnya air Sungai Sail.

Muslim, salah seorang Ketua RT di Jalan Bambu Kuning mengatakan banjir di kawasannya tidak akan terjadi seandainya air Sungai Sail dapat berjalan lancar. “Tapi kenyataannya sampah menumpuk sepanjang sungai, sehingga menghambat aliran air,” ujarnya.

Disebutkannya, sampah-sampah yang dibuang di sungai Sail itu menumpuk di kaki-kaki jembatan yang ada di sepanjang sungai ini. “Ini dapat dilihat di jembatan perumahan Jondol, dimana tumpukan sampah menumpuk dibawahnya,” ujar dia.

Hal inilah yang selalu membuat sebagian kawasan di Jalan Bambu Kuning tergenang air luapan sungai Sail itu. “Makanya kami berharap kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sugai Sail dihentikan,” ungkap dia lagi.(Ad)

 

Posting Terkait