ISG Perlukan Dana Rp300 Miliar

693 views

PEKANBARU (RiauInfo): Untuk penyelenggaraan Islamic Solidarity Games (ISG) III tahun 2013 di Provinsi Riau, setidaknya anggaran yang diperlukan mencapai Rp300 miliar. Hal ini diungkapkan Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP, dalam konferensi persnya usai di Kantor Komite Olahraga Indonesia (KOI), Jakarta.

Gubri mengungkapkan, anggaran Rp300 miliar tersebut diperlukan untuk penambahan dan pembenahan beberapa venus yang akan ditingkatkan ke standar internasional.

“Kami berharap ISG ini didukung oleh APBN-P dan APBN 2013 mendatang, baik melalui Kemenpora dan Kementerian terkait lainnya. kita sedang intensif untuk penyelesaikan mengenai anggaran ini, mudah-mudahan tidak ada masalah,” terangnya.

Untuk kepentingan ini Pemprov Riau terus mematangkan persiapan, terutama ketersediaan venus sesuai standar internasional dan manajemen penyelenggara.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal menggelar rapat dengan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang dihadiri Sekjend KOI, Timbul Thomas Lubis bersama beberapa pengurus KOI lainnya.

“Kami terus melakukan update tentang persiapan ISG dengan pengurus KOI, terutama sekali mengenai venus dan manajemen penyelenggaraan,” ujar Gubri

Untuk penyelenggaraan ISG nanti menurut Gubri, yang perlu dipersiapkan lebih kepada manajemen penyelenggara. Kalau soal venus tinggal lagi merenovasi dan membenahi yang sudah ada hingga berstandar internasional, mengingat Riau juga akan menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 sebelum pelaksanaan ISG.

“Untuk penyelenggara kami sudah membentuk panitia lokal. Kita harapkan kepanitian besar ISG segera ditetapkan dan Kepresnya bisa dikeluarkan,” harap Gubri seraya menyatakan bahwa venus ISG terpusat di Kota Pekanbaru, berbeda dengan PON yang sebagian tersebar di kabuapten/kota di Riau.

Disebutkan Gubri pula, pada tanggal 6 Juni atau setahun menjelang digelarnya ISG 2013, akan dibangun monumen Countdown ISG yang permanen, termasuk penggunaan bandara udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II baru, yang dioperasikan Mei nanti.(zas/rpc)

Posting Terkait