ISDP Prediksi Pasangan Rusli Zainal-Mambang Mit Bakal Menang

807 views

PEKANBARU (RiauInfo)Indonesia Society for Democracy and Peace (ISDP), sebuah lembaga yang konsen terhadap permasalahan demokrasi dan survei politik pada 8-13 September lalu melakukan survei persepsi dan perilaku Pemilih Terhadap Pilgub dan Pilwaub Riau. urvei ini melibatkan 250 enumerator dengan 11 orang koordinator lapangan. 

Pada survei ini terjaring 50,13 persen responden laki-laki dan 49,87 persen perempuan. Sedangkan berdasarkan tingkat pendidikan 33,87 persen tamat SLTA, kemudian 26,82 persen tamat SD dan 25,11 persen tamat SLTP. Jika dilihat dari latar belakang usia, lebih dari 50 persen respoden berusia antara 17-45 tahun.

Dari hasil survei terungkap pasangan Rusli Zainal-Mambang Mit (RZ-MM) punya peluang paling besar untuk memenangkan Pilgub Riau kali ini. Responden yang memilih pasangan ini sebesar 33,02 persen, sedangkan pasangan Thamsir Rahman-Taufan (TAMPAN) sebanyak 7,04 persen, dan selebihnya tidak tahu atau tidak menjawab.

Besarnya peluang pasangan RZ-MM memenangkan Pilgub Riau ini juga dapat dilihat survei terkait dengan aspek popularitas, tingkat kesukaan, tingkat keyakinan, serta keinginan responden untuk menjadikan Rusli Zainal memimpin Provinsi Riau lagi. Dari aspek-aspek tersebut pasangan ini mendapatkan poin tertinggi.

Misalnya saja untuk aspek tingkat popularitas, pasangan RZ-MM mendapat tingkat teringgi sebesar 88,54 persen, sedangkan pasangan TAMPAN mendapatkan 67,89 persen dan pasangan CS hanya 56,77 persen. Begitu pula untuk tingkat kesukaan responden, pasnagan RZ-MM menapat nilai tertinggi sebesar 66,94 persen, sedangkan TAMPAN 38 persen dan CS 38,81 persen.

Pada survei mengenai keyakinan responden terhadap pasangan cagub dan cawagub Riau mampu menyelesaikan permasalahan di Riau, pasangan RZ-MM tetap paling unggul dengan nilai 51,25 persen. Sedangkan pasangan TAMPAN hanya 26,42 persen dan CS 26,00 persen.

Survei juga dilakukan terhadap keinginan responden agar Rusli Zainal memimpin Riau lagi. Dari hasil survai ini terungkap sebanyak 49,07 persen responden menginginkannya. Sedangkan yang tidak meninginkan sebesar 19,65 persen, dan tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 31,08 persen.

Dari hasil survei yang dipublikasikan Jumat (19/9) ini. ISDP memprediksi pasangan RZ-MM akan menang dalam Pilgubri nanti. Prediksi ini selain didukung oleh data-data tadi juga diperkuat dari pemetaan terhadap unit analisa dalam survei ini. Dari 2536 TPS yang menjadi unit analisa dalam survei ini, pasangan RZ-MM menang di 63,33 persen TPS.[b](ad)[/b]

Posting Terkait