IPHI Harus Menjadi Media Perekat Umat

PEKANBARU (RiauInfo) – Pengurus Cabang Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Bengkalis, Jum’at (16/1) kemarin dilantik secara resmi oleh Pengurus Wilayah IPHI Provinsi Riau. Pelantikan pengurus IPHI periode 2008-2013 yang diketuai H Sulaiman Zakaria tersebut, dilaksanakan di Gedung Kesenian Cikpuan, Bengkalis. 

Bupati Bengkalis H Syamsurizal ditemui usai pelantikan mengatakan, IPHI merupakan organisasi kebajikan yang tujuan utamanya adalah menghimpun, menyerap serta menyalurkan aspirasi hujjaj dalam bentuk amal nyata guna meningkatkan partisipasi dalam pembangunan bangsa yang diridhoi Allah SWT.

Keberadaan IPHI, katanya, sangat penting menjadi salah satu mitra yang sangat strategis bagi Pemkab Bengkalis dalam menjalin kerjasama untuk memperlancar serta mempercepat laju pembangunan. Terutama yang bersentuhan dengan hayat hidup masyarakat.

Kepada pengurus IPHI Syamsurizal mengharapkan agar dapat menjalankan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan karakteristik Kabupaten Bengkalis sebagai daerah yang memiliki penduduk heterogen. Selain itu aspirasi yang berkembang di masyarakat hendaknya di akomodir, sehingga dalam aplikasinya dapat terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan.

Pemkab Bengkalis, kata Syamsurizal, juga mengharapkan agar IPHI Bengkalis dapat merancang program dengan visi yang jelas. Memiliki tanggung jawab untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan kontribusinya membangun Bengkalis.

“Khususnya membantu pemerintah dalam menyebarluaskan dan mengamankan peraturan-peraturan dan perundang-undangan yang berkaitan dengan perhajian. Berusaha meningkatkan kesejahteraan ummat Islam, sehingga bisa menajdi anggota IPHI yang berkualitas”, harapnya.

Kemudian, seluruh pengurus yang dilantik, juga harus ikut serta aktif dalam pembangunan serta meningkatkan peranan IPHI dalam menyukseskan pengelolaan Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZIS) di daerah ini.

Selain itu, pengurus IPHI Bengkalis ini, kata Syamsurizal lagi, juga harus mampu berperan secara aktif agar organisasi ini benar-benar dapat menjadi wadah perekat ummat. Sebagai media peningkatan ukhuwah Islamiyah.

Selanjutnya, kata Syamsurizal, IPHI Bengkalis senantiasa diharapkan memberi motivasi kepada jamaah pasca haji agar terpelihara dan terjaga kemabrurannya. “Sehingga,semangat dan harapan yang menyertai ibadah haji dapat selalu diwujudkan pada esensi pembaharuan sikap, pemikiran, serta penigkatan kualitas iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT”, pesanya.

Selain bupati dan pengurus Pengurus Wilayah IPHI Provinsi Riau, ikut menghadiri acara pelantikan IPHI Bengkalis tersebut, diantaranya Kakandepag Bengkalis, H Abdul Aziz Haz.(ad)

 

Rizki: