Inhu Porak Poranda Dihantam Puting Beliung

621 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Baru beberapa hari lalu Tembilahan dihantam angin puting beliung, kini giliran Kabupaten Rengat dihantam bencana yang sama. Setidaknya angin telah menerjang tiga desa di Kecamatan Rengat dan Rengat Barat.

Sebanyak puluhan unit rumah mengalami rusak berat akibat angin yang berkekuatan antara 40 knot hingga 60 knot tersebut. Diantaranya 7 rumah di Pekan Heran, 19 rumah di Rantau Bakung, 5 rumah di Rantau Bakung Seberang, dan 1 rumah di Sungai Guntung.

Angin puting beliung itu mulai menghantam Inhu Rabu kemaren sekitar oukul 15.30 Wib bersamaan dengan hujan lebat. Angin kencang itu sempat menimbulkan ketakutan warga karena telah menyebabkan pohon-pohon besar bertumbangan dan listrik padam.

Puncaknya, puluhan rumah masyarakat juga mengalami kerusakan. Ada yang disebabkan diterbangkan angin, dan ada pula ditimpa pohon. “Kekuatan angin benar-benar dahsyat, saya belum pernah mengalami hal seperti ini,” ungkap Dasril, salah seorang warga Pekan Heran.

Dia menyebutkan, rumahnya yang berdiri permanen juga tidak terhindar dari kerusakan. Beberapa lembar seng yang menjadi atap rumah diterbangkan angin. “Ini masih mendingan. Rumah tetangga saya malah sekarang sudah tidak beratap lagi,” tandasnya.

Menanggapi bencana ini, Pemkab Inhu berencana akan menyalurkan bantuan kepada para korban puting beliung tersebut. Bupati Inhu Drs H Mujtahid Thalib mengatakan hari ini bantuan akan segera diberangkatkan menuju lokasi bencana.(ad)

Posting Terkait