Infokom Gelar Seminar Pemantapan Ketahanan Bangsa

627 views

PEKANBARU (RiauInfo) : Kepala Badan Infokom dan Kesatuan Bangsa Provinsi Riau, Said Amir Hamzah, Selasa (19/6), pada seminar Pemantapan Ketahanan Bangsa, di Hotel Dian Graha mengatakan, dengan forum ini akan bisa menimbulkan semangat kebersamaan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman disintegrasi bangsa serta memantapkan semangat persatuan dan kesatuan Republik Indonesia. 

”Oleh karena itu menjadi tugas kita bersama untuk meneruskan semangat kebangsaan dan terus berjuang demi kesejahteraan dan meningkatkan martabat bangsa serta memperkokoh ketahanan bangsa demi tegaknya NKRI,” ujar Said Amir Hamzah.

Ketahanan bangsa, terang Said, sangat berpengaruh terhadap kualitas kehidupan bangsa berkenaan dengan dinamika bangsa yang penuh tantangan. Untuk itu ketahanan bangsa sangat penting selalu dibangun.

Karena ketahanan bangsa, tambah Said, merupakan kondisi dinamika bangsa yang berisi kemampuan, ketangguhan, keuletan dan kesadaran agar bisa menjaga, mempertahankan serta meningkatkan eksistensi bangsa.

Lebih lanjut Said Amir Hamzah mengatakan, posisi stategis secara geografis, geo ekonomi dan geopolitik kawasan Riau khsusnya, dapat berperan penting dimasa yang akan datang. Karena terletak dijalur regional dan internasional yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Memperhatikan posisi strategis tersebut, tambah Said, maka pemantapan ketahanan bangsa serta kewaspadaan terhadap berbagai ancaman, gangguan dan hambatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, perlu ditingkatkan dan diantisipasi sehingga visi dan misi pembangunan di Provinsi Riau dapat berjalan lancar, terutama mengantisipasi arus globalisasi dan modernisasi.

Pada kesempatan seminar ini, Kabid Kesbang BIKKB Riau, Drs.R Jhon Lukman, mengatakan, kegiatan pemantapan ketahanan bangsa bertujuan membangun kesadaran berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap kelompok-kelompok yang mengganggu dan merongrong integritas bangsa serta menumbuhkan semangat bela negara.

Tercatat 30 peserta dari berbagai tokoh masyarakat, adat, agama, wanita dan unsur pemuda Kota Pekanbaru mengikuti pelatihan yang dipelopori oleh Bidang Kesatuan Bangsa BIKKB Riau tersebut.(Surya)

 

Posting Terkait