Industri Hilir Kelapa Sawit Harus Dibangun di Riau

710 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Upaya yang dapat dilakukan untuk mkengantisipasi anjloknya harga buah sawit di Riau adalah dengan membangun industri hilir kelapa sawit di daerah ini. Jika industri hilir ini ada di Riau, maka harga sawit di daerag ini tidak lagi tergantung pada permintan CPO dari luar negeri. 

Pengamat ekonomi dari Universitas Riau Edyanus Herman Halim mengatakan, upaya Pemprov Riau agar dibangun industri hilir di Riau tidak bisa hanya dengan memohon pada pemerintah saja. Pemprov Riau harus lebih dahulu membangun infrastruktur yang dibutuhkan untuk industri tersebut.

Tanpa adanya dibangunnya infrastruktur yang dibutuhkan, tidak mungkin investor akan tertarik menanamkan modalnya di bidang industri hilir kelapa sawit di Riau. “Pemerintah pusat juga tidak akan merespon keinginan Pemprov Riau itu,” jelasnya.

Dia mengatakan, salah satu infrastruktur yang diperlukan investor adalah jalan, air dan listrik. Ketiga hal inilah yang sangat mendasar dibutuhkan untuk membangun industri hilir kelapa sawit. “Makanya Pemprov Riau harus terlebih dahulu menyediakannya,” jelas dia lagi.(Ad)

Posting Terkait