Imigrasi Pekanbaru Berikan Pelayanan Ekstra Cepat untuk Paspor Haji

626 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk memudahkan para calon jemaah haji dari Riau mendapatkan paspor, Kantor Imigrasi Kelas I Pekanbaru memberikan pelayanan ekstra cepat untuk calon jemaah haji. Untuk para jemaah haji itu disediakan loket khusus.


Kepala Kantor Imigrasi Pekanbaru, Jumanter Lubis mengatakan, loket khusus itu sengaja dibuat untuk melayani para calon jemaah haji. “Jadi dengan demikian mereka bisa dengan cepat mengurus pembuatan paspornya,” ungkap Jumanter lagi.

Dikatakannya, mulai tahun 2009 ini Kementrian Agama tidak lagi memberlakukan paspor khusus haji bagi para calon jemaah haji di Indonesia. Kini cukup mengunakan paspor biasa untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci. “Itu sebabnya kita buat loket khusus bagi mereka,” ungkapnya.

Pelayanan loket khusus bagi calon jemaah haji itu mulai dibuka pada 1 Juli lalu. “Kami mengusahakan agar paspor untuk jemaah haj mendapat pelayanan ekstra karena semua paspor tersebut harus segera diserahkan ke Kedutaan Arab Saudi untuk pelayanan visa,” ujarnya.

Dia mengatakan, seluruh pelayanan bagi paspor calon jemaah haji diharapkan dapat selesai seluruhnya pada 10 Agustus. Dengan pelayanan tersebut diharapkan pembuatan paspor bisa lebih cepat dari pelayanan paspor biasa.(ad)

Posting Terkait