Hutan Wisata Dumai Terbakar

659 views

DUMAI (RiauInfo): Kebakaran hutan yang kian meluas mengakibatkan Kota Dumai, Riau, sejak Selasa (10/2) pagi dikepung kobaran api. Si “jago merah” meluluhlantakkan lahan di kawasan pinggiran yang berbatasan dengan kabupaten tetangga. Bahkan, kawasan hutan wisata Dumai juga ikut terbakar. 

Akibat kebakaran, di kota yang berada sekitar 200 kilometer utara Pekanbaru itu kabut asap menutupi seluruh kota hingga mengganggu jarak pandang. Lokasi kebakaran yang terjadi tidak hanya di kawasan tengah kota, yakni di kawasan hutan wisata Dumai dan kawasan Bandara Pinang Kampai, tetapi juga di kawasan pinggiran.

Berdasarkan data yang diperoleh Antara dari Kabid Kehutanan Dishut Dumai, Syaiful, lokasi kebakaran tidak hanya di Guntung, Kecamatan Medang Kampai, yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis, tetapi juga di Mamugo, Kecamatan Sungai Sembilan, yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hilir.

“Lokasi yang terbakar itu tidak saja di kawasan semak belukar, tetapi juga di lahan kebun masyarakat. Kebakaran yang parah di perbatasan Bengkalis tidak hanya terjadi di Guntung, Pelintung, tetapi juga di Sepahat,” katanya.

Sedangkan kebakaran yang terjadi di sekitar lokasi Bandara Pinang Kampai merupakan lahan semak belukar seluas delapan hektare. “Kobaran api di semak belukar yang ada di belakang Bandara Pinang Kampai terjadi tadi pagi (pagi kemarin–Red) dan dapat ditangani tim pemadam kebakaran,” kata Syaiful.

Kobaran api di Hutan Wisata Dumai diperkirakan berasal dari api unggun bekas orang memanggang ikan, karena lokasi yang berada dekat sungai itu acap dijadikan tempat memancing ikan. Kobaran api di kawasan itu saat ini sedang dilakukan pemadaman oleh tim Kehutanan Dumai. Lokasi tersebut sepekan lalu juga terbakar.(ad/ant)

Posting Terkait