Hujan Tekan Jumlah Karhutla Riau Hingga Nol

714 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah provinsi Riau kembali selamat dari amukan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hari ini. Intensitas hujan yang relatif tinggi melanda provinsi Riau secara merata masih menjadi penyebab utama tertekannya jumlah Karhutla tersebut. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru mendapatkan peluang hujan merata itu masih terjadi di wilayah Riau hingga Selasa (26/08) malam ini. Diperkirakan intensitas hujan berada pada level ringan hingga sedang. Namun dampak hujan terbukti menekan jumlah titik api akibat kebakaran hutan selama 4 hari belakangan ini, termasuk hari ini di Riau.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, cuaca di pulau Sumatera umumnya rawan dengan curah hujan. Keadaan ini terjadi akibat pusaran angin yang membentuk awan masih mengitari wilayah pulau Andalas termasuk provinsi Riau. Sehingga jumlah titik api pun menurun drastis seperti di wilayah Riau sendiri tidak ada satu titik api pun hari ini.(Surya)

Posting Terkait