Hujan Tekan Jumlah Karhutla di Sumatera

614 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Empat wilayah provinsi mengalami kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di pulau Sumatera Sabtu (11/10) ini. Jumlahnya relatif menurun dibanding jumlah Karhutla kemarin. Selain provinsi Riau sendiri, wilayah Kepulauan Riau, Sumatera Selatan dan Lampung termasuk provinsi yang menglami karhutla itu hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelitNational Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menangkap hanya satu titik Karhutla menayal di wilayah provinsi Riau.

Menyusul wilayah provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang juga mempunyai satu titik Karhutla. Sedangkan titik Karhutla terbanyak berada di wilayah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan 8 titik. Tidak ketinggalan wilayah provinsi Lampung dengan satu titik. Sehingga jumlah kebakaran hutan dan lahan menjadi 11 titik di wilayah Sumatera hari ini.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Marzuki mengatakan, peluang hujan mulai meningkat di sejumlah wilayah Sumatera. Keadaan itu menyusul perobahan tekanan rendah di wilayah Barat Pulau Sumatera yang kembali meningkatkan pertumbuhan awan di sejumlah wilayah Sumatera. Seperti di Riau sendiri, BMG menangkap peluang hujan ringan hingga sedang relatif merata terjadi sore hingga malam ini.(Surya)


Posting Terkait