Hujan Selamatkan Riau Dari Karhutla Hari Ini

713 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hutan dan lahan di wilayah Riau selamat dari pembakaran, Senin (26/05) ini. Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diyakini padam akibat turunnya hujan di sejumlah wilayah kebakaran kemarin dan siang ini.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru melaporkan tangkapan Satelit NOAA 18 pukul 13.44 WIB hari ini tidak mendapatkan satu titik api pun di wialyah Riau. Sementara, berdasar citar satelit BMG juga menadapatkan curah hujan turun di beberap wilayah Riau seperti di kabupaten Inderagiri Hulu, Inderagiri Hilir, Kabupaten Siak dan sebahagian wilayah tengah Riau lainnnya seperti di kota Pekanbaru.

BMG mencatat hujan terjadi siang ini relatif aman dengan intensitas ringan dan sedang dalam waktu yang relatif singkat. Namun hujan ini juga diperkirakan akan tuturn di sore hari serta malam dan dini hari. Suhu rata-rata maksimum berkisar 32’C.

Satelit NOAA 18 juga masih menangkap titik api di beberapa wilayah provinsi lain di Sumatera. Sedikitnya ada 9 titik api menyala di 5 provinsi Sumatera hari ini. Seperti di provinsi Sumbar, Jambi masing-masing menyala satu titik api. Menyusul provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan masing-masing menyala 2 titik api. Sedang provinsi Lampung menyumbang 3 titik. Sehingga jumlah hotspot hari ini menjadi 9 titik di Sumatera. Berkurangnya jumlah hotspot di wilayah provinsi selain Riau di Sumatera hari ini uga akibat curah hujan yang mulai turun di wilayah tersebut.(Surya)

 

Posting Terkait