Hujan Sejukkan Kota Bertuah

559 views

PEKANABARU (RiauInfo) – Pekanbaru siang ini adem lagi setelah diterpa hujan yang relatif lebat. Keadaan ini telah berlangsung bukan hari ini saja, tapi sejak dua hari lalu hujan mengguyur kota Bertuah dengan tidak merata. Seperti siang ini, hujan turun dua jam sejak pukul 12.00 WIB dan reda sekitar pukul 14.00 WIB. Menurut BMG, keadaan ini sering terjadi akibat Lanina.

Akibat tingginya pengaruh Lanina, membuat awan cenderung menebal di atas katulistiwa atau umumnya bagian utara pulau Sumatera, seperti daerah Riau. Marzuki, dari bidang Analisa BMG Pekanbaru, Rabu (12/12) mengatakan, Lanina adalah fenomena cuaca dengan keadaan masa udara lebih lembab dari pada normalnya. Kecenderungan ini akan merangsang cepatnya pertumbuhan awan dengan kapasitas air hujan yang juga mudah mencapai titik jenuh. Sehingga curah hujan lebih banyak terjadi di wilayah yang punya Lanina tersebut.

Sepanjang Desember 2007 ini, Riau akan mengalami Lanina Lemah, dimana tingkat kejenuhan titik air dari gumpalan awan akan lebih cepat sehingga hujan akan menjadi keburu turun. Peluang terjadi hujan ini lebih banyak pada waktu sore, malam hingga dini hari dengan intensitas lemah, sedang dan lebat.

Menurut data BMG, prakiraan banyaknya peluang hujan terjadi pada akhir 2007 ini, khusus wilayah Riau tidak berbeda dibanding Desember tahun-tahun lalu.(Surya)

Posting Terkait