Hujan Segar dan Bersihkan Udara Pekanbaru

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan kembali mebuat kota Bertuah sejuk. Guyurun hujan turun sekitar pukul 13.00 WIB dengan intensitas ringan dan sedang telah mampu menekan gerah kota Pekanbaru. BMKG melaporkan hujan relatif merata melanda wilayah Riau, Kamis (18/02/10) ini. Hujan juga menyisakan udara segar, tapi membersihkan kualitas udara Kota Bertuah.

Hujan yang terjadi secara tiba-tiba dengan intensitas yang ringan di Pekanbaru itu berlanjut hingga sore hari. Intensitas hujan ringan yang reda beberapa saat dan kembali hujan itu juga disertai angin kencang beberapa saat.

Angin kencang datang akibat adanya tekanan udara yang terjadi dari perubahan hawa panas yang diterpoa hawa dingin oleh hujan tersbeut. Bahkan, meski sewaktu-waktu reda, namun hujan masih terjadi hingga pukul 21.00 WIB amlam ini. Sejumlah warga Pekanbaru mensukuri kehadiran hujan ini karena beberapa hari belakangan udara Pekanbaru panas terik dengan temperatur mencapai 35 derjat celsius.

Sementara itu, mesin Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Pekanbaru menunjukkan kualitas udara pekanbaru dalam keadan baik. Grafik ISPU hanya memenuhi lampu hijau dibawah standar untuk seluruh jenis zat udara yang dideteksinya.

ISPU yang berada di jalan Sudirman depan kantor Walikota Pekanbaru tidak menunjukkan grafik merah di titik PM10 (Partikulati). Begitu juga dengan grafik untuk Karbondioksida (CO), Oksida Belerang (SOx), O3 dan NOx-nya masih standar di psosisi grafik hijau di mesin ISPU. Keadaan ini dipicu oleh kualitas udara Pekanbaru yang diguyur hujan dalam dua hari terakhir sejak kemarin.(Surya)

Rizki: