HUJAN MERATA… Sumatera Kembali Bebas Titik Api

664 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah Pulau Sumatera dinyatakan bebas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Sabtu (7/11/09) ini. Keadaan itu menyusul relatif meratanya hujan yang terjadi di Pulau Andalas hari ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan konvergensi awan rawan hujan meningkat di udara Sumatera.

Kepala Kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Rahmad Tauladani mengatakan, peningkatan konvergensi disebabkan oleh tekanan rendah yang terjadi di sebelah Barat Pulau Sumatera. Tekanan rendah ini menyedot udara dari gangguan cuaca Laut Cina Selatan. Sehingga perputaran udara yang melewati Sumatera telah membentuk awan di atas pulau Andalas ini.

“Tekanan rendah telah membentuk konvergensi yang menyuburkan awan konvektif di udara Sumatera. Sehingga secara umum cuaca hujan telah mewarnai sejumlah daerah, termasuk Provinsi Riau di Sumatera hari ini. Hujan telah menekan titik api hingga jke titik nol,”ungkap Rahmad Tauladani.

BMKG Pekanbaru juga mencatat hujan akibat awan konvektif ini juga sering menimbulkan petir, angin kencang dan cuaca buruk.(Surya)

Posting Terkait