Hujan Lebat Ancam Wilayah Riau

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan dengan intensitas lebat diperkirakan akan terjadi di sejumlah daerah Provinsi Riau, Kamis (17/12/09) ini. Meski secara umum pelung hujan merata di Riau, namun BMKG Pekanbaru mencatat intensitas hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan melanda wilayah Riau bagian Tengah, Selatan dan bagia Barat.

“Secara umum peluang hujan relatif merata di Riau. Sejumlah daerah, seperti wilayah Riau bagian Barat, Selatan dan bagian Tengah akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga hujan lebat. Untuk wilayah Riau lainnya hanya akan mengalami hujan ringan dan sedang,”ungkap kepala kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Philip Mustamu, melalui staf analisa Warih, Kamis (17/12/09) di Pekanbaru.

BMKG membaca peluang hujan kembali meluas akibat adanya pembelokan angin di atas Riau. Belokan angin dari arah Laut Cina Selatan dan Samudera Hindia tersebut berada di atas Riau dan membentuk kumpalan awan konvektif.

“Belokan angin ini mengarah pada tekanan rendah di bagaian Australia. Namun belokan angin terjadi di atas Riau dan menyuburkan pertumbuhan awan konvektif yang rawan hujan. Selain adanya hujan, awan konvektif juga berpotensi petir dan angin kencang,”terang Warih.

Secara normal, BMKG membaca gerakan angin rata-rata berkecepatan 5 hingga 20 kilometer per jam. Kecepatannya akan meningkat saat cuaca buruk mencapai 50 kilometer per jam. gerakan angin lebih dominan dari arah Barat Laut ke Timur Laut. Dengan meluasnya pelaung hujan tersebut, temperatur Riau secara umum relatif menurun maksimum hanya mencapai 30 derjat selsius sepanjang siang tadi.

“Yang perlu diwaspadai peluang hujan lebat di sejumlah wilayah Riau tersebut pada malam nanti,”uajar Warih.(Surya)

Rizki: