Hujan Kian Meluas Melanda Pulau Sumatera

602 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Peluang hujan merata melanda wilayah pulau Sumatera umumnya Rabu (10/09) ini. Namun BMG masih mencatat sejumlah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di dua provinsi wilayah Pulau Sumatera. Wilayah itu termasuk provinsi Riau sendiri dan provinsi Bangka Belitung. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelitNational Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, pukul 13.32 WIB menangkap 4 titik kebakaran hutan dan lahan di wilayah pulau Sumatera. Dimana 3 titik tersebar di wilayah provinsi Bangka Belitung dan 1 titik api berada di wilayah provinsi Riau sendiri.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, melalui staf analisa Warih mengatakan, badai thropis di wilayah negara Philipina mempengaruhi cuaca Indonesia termasuk di pulau Sumatera. Pengaruh terbesar untuk Sumatera adalah tingginya curah hujan di Sumatera.

Selain itu, gangguan cuaca di wilayah laut Samudera Hindia juga menyuburkan kovergensi di udara pulau Sumatera. Bahkan BMG menangkap peluang hujan itu masih akan luas terjadi. Sehingga titik kebakaran hutan dan lahan di Sumatera optimis masih tertekan dalam dua hari mendatang.(Surya)

 

Posting Terkait