Hujan Kandaskan Karhutla Riau ke Titik Nol

577 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan sangat ampuh menekan jumlah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Riau, Selasa (19/08) ini. Walau dengan intensitas ringan hingga sedang, hujan hampir merata melanda wilayah Riau dan menekan titik api akibat Karhutla hingga kandas pada titik nol hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan pencitraan satelit juga menunjukkan telah terjadi hujan di beberapa wilayah Riau pada pagi dan siang tadi. Seperti daerah Riau bahagian Tengah, Utara dan Selatan telah dikunjungi hujan sekitar pagi dan siang hingga sore tadi.

Sedangkan Riau bahagian lainnya masih berpeluang terjadi hujan hingga malam ini. Namun secara umum, peluang hujan tersebut akan melanda Riau secara merata pada malam ini hingga menjelang dini hari atau pagi nanti.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf Analisa Marzuki mengatakan, hujan terjadi akibat pembelokan masa udara di wilayah Riau. Udara tersebut bergerak dari arah Selatan menuju Barat Daya dan Tenggara. Sehingga pembelokkan udara membentuk awan yang sarat menurunkan hujan dan memadamkan titik api sampai ke titik nol di Riau. BMG juga mendapatkan temperatur relatif menurun hanya 29 Derjat Celsius hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait