HUBUNGAN DAS… Banjir Kiriman Sumbar Rawan di Inhu

689 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selain curah hujan yang masih meluas di Riau, air hujan dari Provinsi Sumatera Barat juga rawan meningkatkan banjir di daerah Kabupaten Inderagiri Hulu (Inhu). Keadaan yang biasa disebut banjir kiriman itu terjadi akibat meningkatnya peluang hujan di Sumatera Barat. Sementara, daerah kabupaten Inhu berdekatan dengan wilayah Provinsi Sumatera Barat.

“Peluang hujan relatif merata di sejumlah daerah Riau. Yang perlu diwaspadai banjir kiriman dari Provinsi Sumatera Barat. Karena curah hujan lebih tinggi di Sumbar saat ini. Daerah Riau yang berpotensi mengalami banjir kiriman adalah daerah yang berbatasan dengan Sumbar seperti kabupaten Inhu,”ungkap staf analisa Ardhitama mewakili kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu.

BMKG Pekanbaru hanya mendapatkan gejala hujan berada di wilayah Riau bagian Tengah, Selatan dan Riau bagian Barat. Hujan yang bepeluang turun dalam rentang waktu sore hingga malam ini hanya berintensitas ringan hingga intensitas sedang. BMKG mendapatkan peluang angin kencang dan petir relatif menurun di Riau.

“Banjir kiriman terjadi akibat aliran sungai sejumlahdaerah Riau yang saling berhubungan dengan sungai Sumatera Barat, salah satunya sungai yang ada di daerah Inhu tersebut,”ternag Ardhitama kepada RiauInfo, Sabtu (18/04/2009) di Pekanbaru.(Surya)

Posting Terkait