HP LaserJet catat rekor MURI sebagai satu-satunya printer No. 1 di Indonesia selama 10 tahun

830 views
JAKARTA (RiauInfo) – Lembaga survei industri independen, IDC dalam Quarterly HCP Tracker edisi 2010 kembali menegaskan kepemimpinan HP di industri HCP (hardcopy peripherals atau perangkat cetak). Di pasar printer laser, HP menduduki posisi nomor satu dan telah memimpin segmen ini di setiap kuartal selama sepuluh tahun berturut-turut (empat puluh kuartal) sejak tahun 2000 hingga 2010.

HP mendominasi pasar dengan menjual lebih dari 15,5 juta unit pada kuartal terakhir 2010, capaian tertinggi sejak 2007. HP juga mencatat pertumbuhan tertinggi di antara pesaingnya dan menutup tahun 2010 dengan nilai pertumbuhan 15,6%, jauh di atas rata-rata pasar.

Di Indonesia, HP juga mencatat prestasi yang tak kalah mengesankan; tidak hanya membukukan penjualan tertinggi, namun secara konsisten mempertahankan prestasi ini selama 40 kuartal berturut-turut tanpa tergeser. Atas prestasi ini, Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) memberikan pengakuan dengan menobatkan HP LaserJet printer menjadi satu-satunya printer yang mampu terus bertahan di posisi No. 1 di Indonesia di setiap kuartal dalam periode waktu 10 tahun.

Bertempat di ajang pameran industri teknologi informasi dan komunikasi Mega Bazaar 2011 di Jakarta, MURI resmi mencatatkan HP sebagai penerima penghargaan bergengsi tersebut sebagai penegasan atas kualitas produk serta inovasi yang selalu menempatkan HP di posisi terdepan.

“Dengan bangga MURI menyampaikan selamat kepada Hewlett-Packard yang secara konsisten telah berhasil mempertahankan prestasi menjadi yang terdepan tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Penghargaan MURI ini merupakan pengakuan atas kualitas, inovasi serta layanan prima dari HP di Indonesia,” demikian ujar Jaya Suprana, Direktur MURI di Jakarta.

HP Laserjet pilihan No. 1 pebisnis di Indonesia

Laporan IDC Worldwide Quarterly HCP Tracker 2010 juga menunjukkan bahwa kontribusi terbesar HP di industri HCP adalah melalui MFP (Multi Function Printer). Ini menjadi indikasi bahwa strategi teknologi mix yang diterapkan HP telah mendorong peningkatan preferensi konsumen terhadap printer MFP baik untuk laser maupun inkjet.

Permintaan lokal terhadap perangkat cetak (hardcopy peripherals) yang terdiri dari printer & digital copier telah mendorong tumbuhnya permintaan terhadap MFP. Demikian juga semakin tipisnya perbedaan harga antara Multi Function Printer (MFP) dengan Single Function Printer (SFP) dan makin terjangkaunya model laser entry level.

“Hewlett-Packard Indonesia optimis pasar printer laser di Indonesia akan terus berkembang. Melalui berbagai inovasi yang semakin memudahkan aktivitas, dukungan terbaik bagi pelanggan serta solusi yang mendorong produktivitas, daya saing bisnis dan komitmen terhadap lingkungan, HP bertekad terus memimpin hingga tahun-tahun ke depan,” ujar Mulia Dewi Karnadi, Managing Director, Imaging & Printing Group HP Indonesia.

Mulia Dewi menambahkan, “Perangkat printer HP LaserJet semakin memperoleh tempat di pasar, terutama konsumen bisnis dan institusi pemerintahan yang semakin sadar terhadap manfaat jangka panjang dari printer HP LaserJet.”

Cetak materi bisnis dengan printer warna terbaru dari HP LaserJet untuk komunikasi bisnis yang lebih berbobot dan efisien

Dengan tuntutan laju bisnis dan kompetisi yang tinggi, pelanggan komersial semakin memahami bahwa dokumen berwarna berfungsi lebih dari sekedar sarana komunikasi. Komunikasi dengan dampak yang efektif – mulai dari selembar invoice hingga buku manual setebal 1000 halaman – dapat menjadi mesin penggerak bisnis yang efektif.

Meningkatnya kecenderungan ini tercermin dalam pertumbuhan segmen printer laser warna. Selama tiga tahun terakhir, penjualan printer laser warna dipacu oleh pertumbuhan jajaran printer HP LaserJet terbaru yang dipersembahkan untuk memenuhi kebutuhan mencetak warna.

“Kelangsungan dan sukses suatu bisnis bergantung pada kemampuan organisasi bertahan di tengah pergeseran kebutuhan pelanggan serta bisnis dari waktu ke waktu. Kemampuan HP LaserJet mencetak dokumen berwarna yang berkualitas untuk keperluan marketing maupun materi promosi lainnya merupakan sarana penting bagi pelanggan kami untuk maju,” demikian menurut Pricilla Bong, Market Development Manager, LaserJet and Enterprise Solutions, Imaging & Printing Group HP Indonesia.

Printer HP LaserJet terbaru hadirkan cloud-printing melalui e-Print

Pada kesempatan penganugerahan penghargaan MURI di Jakarta, HP Indonesia juga memperkenalkan portfolio printer laser terbarunya sebagai solusi efisien bagi pelanggan bisnis untuk mencetak sendiri dokumen secara efektif. Printer-printer ini dilengkapi teknologi HP ePrint.

Memanfaatkan infrastruktur cloud, ePrint membantu penggunanya mengelola konten dan mencetak secara mudah, cepat dan aman dengan mengirimkan e-mail dokumen, gambar maupun foto – langsung ke printer HP ePrint melalui Internet; bebas dari keharusan menginstalasi driver. Teknologi ePrint bekerja dari perangkat (device) apapun seperti smartphone, laptop, atau tablet menggunakan email.
– HP Color LaserJet Pro CP1025/CP1025nw, printer laser warna terjangkau bagi bisnis rumahan maupun UMKM. Salah satu printer laser warna terkecil dan paling hemat energi di dunia, juga hemat untuk jangka panjang dengan harga printer dan toner terjangkau.
– HP LaserJet Pro CM1415fn dan CM1415fnw Color MFP merupakan printer HP LaserJet multifungsi pertama yang mampu mencetak melalui web atau antarmuka layar sentuh 3.5-inci. Printer ini ditujukan bagi pelanggan bisnis kecil yang memahami bahwa warna dapat menjadi daya jual tersendiri dan meningkatkan daya jual produk serta layanan secara lebih efektif. Sistem inline menjadikan proses cetak cepat dan penggantian toner sangat mudah. USB port di depan memungkinkan cetak dokumen PDF dan JPEG atau scan langsung melalui USB flash drive.
– HP LaserJet Pro CP1525n dan CP1525nw– merupakan printer HP LaserJet warna berkemampuan e-Print dengan instalasi yang mudah dan cepat, dan mencetak dengan kualitas cetak terbaik di kelasnya. Dengan arsitektur kartrid All-in-One, inilah solusi laser warna yang terjangkau bagi bisnis rumahan maupun UMKM.
– HP LaserJet Pro M1536dnf MFP – Printer multifungsi paling kompak dengan harga terjangkau dengan fitur ePrint, dupleks dan fax lock-up. Teknologi Instant-on yang ramah lingkungan mengurangi konsumsi energi hingga 50 persen. Sangat sesuai bagi pelanggan UMKM yang menginginkan printer andal yang efisien.
– HP Color LaserJet Enterprise CM4540 MFP Printer – Mencetak dari manapun dengan MFP berkemampuan ePrint agar tetap produktif. Printer ini memenuhi kebutuhan workgroup akan cetakan warna maupun mono berkualitas tinggi, kopi, scan, serta faks.
– HP Color LaserJet Enterprise CP5520 Printer – Nikmati cetak warna berkecepatan tinggi dan kualitas profesional dengan seri printer berkemampuan ePrint ini. Printer ini mampu mencetak semua dokumen bisnis—mulai dari kartupos hingga presentasi dan poster—dalam perangkat yang mudah dioperasikan dengan kapasitas kertas sangat besar.

Tentang HP

HP menciptakan peluang-peluang baru bagi teknologi agar berarti bagi manusia, bisnis, pemerintah, dan masyarakat. Sebagai perusahaan teknologi terbesar di dunia, HP menghadirkan rangkaian portfolio yang mencakup printing, personal computing, software, layanan serta infrastruktur TI untuk menjawab permasalahan pelanggannya. Informasi lebih lanjut tentang HP (NYSE: HPQ) dapat diperoleh di http://www.hp.com. (rls)

Posting Terkait