Hotspot Riau Naik Dua Kali Lipat Perhari

646 views

PEKANBARU (RiauInfo): Cuaca panas melanda Sumatera selalu diiringai meningkatnya titik panas atau kebakaran hutan dan lahan. Di Riau khususnya, beberapa hari belakangan telah mengalami kebakaran hingga satelit NOAA 18 menangkap hotspot Riau naik dua kali lipat per harinya.

Dari laporan BMG Pekanbaru, Minggu (30/9), atas analisa satelit NOAA tersebut, titik api pada hari Jumat, 28 Sepetember 2007 tercatat untuk Sumatera total titik api berjumlah 483 titik yang tersebar di beberapa wilayah. Khusus Riau terdata 59 titik api.

Keesokan harinya pada hari Sabtu tanggal 29 September menurut pantauan satelit NOAA 18, BMG Pekanbaru melaporkan Hotspot di Sumatera berjumlah 451 dan di wilayah Riau naik mencapai 118 titik. Kenaikan ini tepat dua kali lipat dibanding sehari sebelumnya pada Jumat yang cuma 59 titik api.

Cuaca panas saat ini sekitar 33’C hingga 35’C belakangan ini akan selalu diiringi naiknya titik panas yang berasal dari kebakaran lahan dan hutan. Kebakaran akan selalu menimbulkan asap hingga mengganggu lingkungan secara umum baik lokal maupun manca negara.

“Asap yang dihasilkan oleh kebakaran hutan dan lahan tidak akan hilang selama dia tidak ditiup angin dan dilanda hujan,” tegas Marzuki dari analis BMG Pekanbaru kepada RiauInfo.(Surya)

 

Posting Terkait