Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika Unri Adakan Olimpiade

684 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri) yang tergabung dalam himpunan mahasiswa jurusan Fisika, gelar Olimpiade Sains bagi siswa SD, SMP dan SMA Sederajat.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 24 Januari 2014 itu dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP diwakili oleh Pembantu Dekan II, Dr Jimmi Copriady MSi, Senin (20/01) diaula FKIP Unri.

Dalam sambutannya, Jimmi menyebut bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka mengukur sejauh mana kemampuan para peserta didik dalam pengusaan ilmu Fisika atau Sains.

“Melalui kegiatan ini kita ingin memacu para siswa untuk lebih memperdalam keilmuannya dalam bidang Sains ini, karena meski ada yang mengatakan ilmu sains itu susah, namun bagi mereka yang betul-betul menjiwainya, ilmu ini sangat mudah dan gampang untuk dikuasai,” jelasnya.

Jimmi juga menyebut bahwa kegiatan ini juga merupakan sebagai ajang pemanasan bagi para siswa-siswi SD,SMP dan SMA sederajat sebelum mengikuti seleksi menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) diberbagai tingkatan.

“Untuk bisa menjadi peserta OSn ini-kan seleksinya dimulai dari tingkat sekolah, tingkat Kabupaten/Kota, hingga ditingkat Provinsi untuk mewakili Riau ditingkat nasional, jadi kegiatan ini bisa dikatakan sebagai pemanasannya lah,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Panitia acara Dios Syarkiti menjelaskan, kegiatan ini diikuti sebanyak 1.271 peserta, dengan melombakan Enam kategori, yakni Lomba Quis Sains Fisika, tingkat SMA diikuti 49 grup, tingkat SMP, 49 grup, dan tingkat SD diikuti 32 grup.

Berikutnya lomba tes tertulis, SMA untuk Mekanika diikuti 207 peserta, Geo Sains, 67 peserta, dan Astronomi 72 peserta. “Selanjutnya ketegori lomba test teori dan eksperimen, tingkat SMP diikuti 197 peserta, tingkat SD, 147 peserta,” jelasnya.

Selanjutnya kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), tingkat SMA diikuti 9 peserta, dan tingkat SMP 4 peserta. Dan untuk kategori lomba terakhir adalah Mading Tiga Dimensi, diikuti siswa SMP dan SMA, masing-masing 24 peserta.

“Serta yang terakhir lomba rangking satu, diikuti 100 orang peserta untuk semua jenjang tingkat pendidikan, kepada pemenang masing-masing kategori akan mendapatkan hadiar berupa tropi, sertifikat dan uang pembinaan, dalam kegiatan ini juga ditampilkan pameran Sains oleh mahasiswa FKIP,” ungkapnya. (mad)

Posting Terkait